SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON PENDIDIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PAUD/TK TANWIRUL QULUB KABUPATEN PAMEKASAN)

  • Muhammad Nauval Hafidzi Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • Nurudin Santoso Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Sebuah  sistem  pendukung  dibutuhkan  oleh  lembaga  pendidikan,  PAUD/TK  Tanwirul  Qulub  untuk menentukan pendidik  yang akan mengajar di lembaga tersebut. Sistem pendukung keputusan seleksi calon pendidik merupakan suatu sistem yang dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi tim penyeleksi, meningkatkan kecepatan dan validitas pengambilan keputusan yang berkaitan  dengan kegiatan operasional, dan meningkatkan kualitas akan calon pendidik. Metode yang digunakan dalam sistem pendukung ini adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sebuah kerangka untuk mengambil keputusan dengan efektif terhadap persoalan yang kompleks dengan menyederhanakan dan mempercepat proses pengambilan keputusan. Proses yang dilakukan oleh metode ini adalah dengan menyeleksi, memilih serta menghitung kriteria calon pendidik. Dari hasil pengujian yang berupa uji coba fungsional dan uji coba akurasi hasil analisa, dapat ditemukan bahwa hasil pengujian yang dihasilkan oleh microsoft office excel dan sistem yang diuji, menunjukkan hasil yang tidak sama dikarenakan terjadi proses pembulatan dari beberapa kolom pada hasil penghitungan di microsoft excel ke dalam sistem yang telah diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman web PHP. Sehingga, dengan menggunakan sistem metode ini bisa membantu PAUD/TK Tanwirul Qulub dalam menentukan calon pendidik mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asja, Mawardi. Pengantar Penggunaan AHP

(Analytical Hierarchy Process) dalam

Pengambilan Keputusan. 25 Januari 2015.

http://mawardisyana.blogspot.com/2013/04/pen

gantar­penggunaan­ahp­analytical.html

Hartoto. Pendidik dan Peserta Didik. 25 Januari

https://fatamorghana.wordpress.com/2009/04/15

/pendidik­dan­peserta­didik/

Haryanto. Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan.

Januari 2015.

http://belajarpsikologi.com/pentingnya­pendidikan­

bagi­kehidupan/

HM, Jugiyanto. 2003. Sistem Teknologi Informasi.

Yogyakarta: ANDI.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem

Pendukung Keputusan.Yogyakarta: ANDI.

Rapi, Mujahidah. Konsep Pendidikan Anak Usia

Dini. 25 Januari 2015.

http://sulsel.kemenag.go.id/file/file/ArtikelTulisan/o

klv1383112871.pdf

Riadi, Muchlisin. Pengertian Sistem Pendukung

Keputusan. 25 Januari 2015.

http://www.kajianpustaka.com/2013/09/sistem­

pendukung­keputusan­spk.html

How to Cite
Hafidzi, M. N., & Santoso, N. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON PENDIDIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PAUD/TK TANWIRUL QULUB KABUPATEN PAMEKASAN). Jurnal Informatika Polinema, 2(3), 116. https://doi.org/10.33795/jip.v2i3.68
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)