IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY PADA ENEMY BEHAVIOUR GAME PETUALANGAN SIDE SCROLLER 2D (SAVE FOREST INDONESIA)
Abstract
Game selain hanya digunakan untuk bermain, game juga memiliki sisi edukasi dan pembelajaran, karena game tidak hanya menyenangkan di mainkan tetapi ada ilmu yang juga didapat oleh masyarakat. Peneliti membuat sebuah game berdasarkan keadaan hutan yang saat ini terjadi di Indonesia. Dengan menggunakan media pembelajaran edukasi digunakan untuk memberi pengetahuan tentang jenis hutan dan manfaatnya agar game menjadi lebih menarik. Maka dari itu dilakukan pemberian pop-up tentanginformasihutan yang ada di Indonesia dan cara menjaganya agar tetaplestari. Dalam penelitian ini, dirancang penerapan logika Fuzzy Sugeno untuk mengatur perilaku musuh, pada game bertipe Adventure yang berjudul “Save Forest Indonesia”. Terdapat 2 jenis musuh, yaitu tipe jarak dekat, dan jarak jauh. Musuh ini memiliki parameterinput fuzzy yaitu jarak, dia akan mendekat jika player dekat dengan jarak musuh. Penerapan fuzzy dalam permainan ini telah berjalan dengan baik, dimana musuh tipe jarak dekat menjadi cukup agresif (90% perilaku menyerang), dan tipe jarak jauh agresif menembak jika player mendekat (90% perilaku menyerang).
Downloads
References
Agustinus Nilwan. 1998. “Pemrograman Animasi
dan Game Profesional 4”. Elex Media
Komputindo.Jakarta
A. Naba. 2009. "Belajar Cepat Fuzzy Logic
Menggunakan Matlab". Penerbit Andi.
Yogyakarta.
Budi Raharjo. 2015. “Mudah Belajar C#”.
Informatika Bandung.
Dery Fathurochman, Wina Witanti, Rezki
Yuniarti. 2014. “Perancangan Game
Turn Based Strategy Menggunakan
Logika Fuzzy dan Naïve Bayes
Classifier”. Seminar Nasional
Informatika 2014 (semnasIF 2014).
Dr. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom, Derwin
Suhartono, S.Kom., MTI. 2014.
“Artificial Intelligence”. Penerbit Andi.
Yogyakarta.
Supeno Mardi Susiki Nugroho, Yunifa
Miftachul Arif, Mochamad Hariadi,
Mauridhi H Purnomo. 2011. “Perilaku
Taktis Untuk Non-Player Characters di
Game Peperangan Meniru Strategi
Manusia Menggunakan Fuzzy Logic dan
Hierarchical Finite State Machine”.
Journal ISSN 0216-0544.
Wahana Komputer. 2014. “Mudah Membuat
Game 3 Dimensi Menggunakan Unity
D”. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.