PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PROSES BELAJAR MENGAJAR ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL)

  • Budi Harijanto Politeknik Negeri Malang
  • Deddy Kusbianto P Politeknik Negeri Malang
  • Berlian Puspa Nova Politeknik Negeri Malang

Abstract

Sistem informasi proses belajar mengajar online merupakan sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar dengan media internet. Sistem Informasi ini memungkinkan terjadinya proses pendidikan tanpa melalui tatap muka langsung. Sistem informasi proses belajar mengajar online dengan menggunakan metode pembelajaran student centered learning di Politeknik Negeri Malang ini diterapkan pada Program Studi Teknik Informatika untuk memudahkan komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Perhitungan dalam penerapan Simple Additive Weighting untuk mendapatkan nilai keaktifan mahasiswa memiliki 4 kriteria yaitu presentasi, bertanya, menjawab, praktikum. Dalam uji coba penerapan Simple Additive Weighting ke dalam sistem belajar mengajar online ini dengan membandingkan hasil output sistem dan hasil pakar memiliki tingkat akurasi mencapai 100%. Sistem ini dirancang dan diimplementasikan dengan menggunakan PHP, MySQL, HTML, CSS, JavaScript dan Bootstrap. Sistem ini juga telah di uji coba oleh beberapa user dan hasilnya dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu dosen dan mahasiswa berinteraksi secara online dalam kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
[1]
B. Harijanto, D. K. P, and B. P. Nova, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PROSES BELAJAR MENGAJAR ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL)”, JIP, vol. 4, no. 1, p. 17, Nov. 2017.
Section
Articles