RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN NOTIFIKASI SMS PADA SMK MUHAMMADIYAH 1 KEPANJEN
Abstract
Selama ini orangtua siswa sangat terbatas dalam memantau kegiatan akademik putra-putrinya disekolah. Apalagi untuk orang tua siswa yang sedang bekerja di luar kota sangat sulit untuk mendapatkan informasi akademik secara langsung dari pihak sekolah mulai dari prestasi, nilai ujian, hingga absensi putra-putrinya. Dengan demikian dibuatlah rancang bangun sistem informasi akademik siswa dengan menggunakan notifikasi SMS pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen yang diharapakan mampu membantu orangtua siswa dalam memantau kegiatan belajar putra-putrinya disekolah, selain itu sistem ini dapat membantu para siswa agar terhindar dari teguran keras pihak sekolah karena absensi dan nilai akademik mereka yang menurun. Dengan adanya sistem informasi akademik siswa menggunakan notifikasi SMS ini akan lebih memudahkan para siswa mendapatkan informasi tentang nilai maupun absensinya di sekolah dan memudahkan orangtua siswa mendapatkan informasi nilai maupun absensi yang dikirim melalui SMS.
Downloads
References
Widharto, Yudi. (2011): “Sistem Informasi
Akademik Berbasis SMS Gateway”, Jurnal
Teknologi Dan Informatika (Teknomatika)
Volume 1 No. 1.
Jumri, Jurista Purnama. (2012): Perancangan
Sistem Monitoring Konsultasi Bimbingan
Akademik Mahasiswa dengan Notifikasi
Realtime Berbasis SMS Gateway.
Pramono, Asep. (2010): Analisis Dan Penerapan
Sms Gateway Pada “Media Info Bandara
Jogja” Di Bandar Udara Internasional
Adisucipto Yogyakarta
Dengen, Nataniel & Hatta, Heliza Rahmania.
(2009): “Perancangan Sistem Informasi
Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten
Paser”, Jurnal Informatika Mulawarman,
Volume 4, No.Larasati, Mifta Aulia. (2013): Raport Online
Berbasis SMS Gateway dan Website Studi
Kasus SMK Farmasi Yogyakarta.
Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence
(Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta:
Graha Ilmu
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.