SPK PEMILIHAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE AHP
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM adalah perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. Contoh UMKM adalah Cornnies dan Indri Collection. Produksi Cornnies dan Indri Collection ini masih dengan skala kecil, karena kurang dikenal oleh masyarakat luas, oleh karena itu dibutuhkan suatu promosi. Salah satu media promosi adalah memanfaatkan media online sebagai sarana promosi. Akan tetapi media internet memiliki banyak jenis, oleh karena itu dibutuhkan pengkajian dan pengukuran untuk masing-masing jenisnya. Untuk mengukur masing-masing jenis media online, dibutuhkan suatu metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Sistem ini dapat menjadi pendamping pengambilan keputusan mengenai pemilihan media online sebagai sarana periklanan. Dengan adanya aplikasi ini, pengambilan keputusan menjadi lebih efektif, serta menghasilkan keputusan yang terbaik bagi pihak Cornnies dan Indri Collection. Keputusan ini telah diuji dengan membandingkan hasil output sistem dengan hasil keputusan manual.
Downloads
References
Haas, R. & Meixner, O. An Illustrated Guide To The
Analytic Hierarchy Process. Vienna: University
of Natural Resources and Applied Life Sciences.
Kartika, Trecya. 2014. Pengaruh Kualitas Produk,
Kepercayaan Konsumen Dan Pengetahuan
Tentang Media Sosial Internet Terhadap Minat
Beli Konsumen Online. Bengkulu: Universitas
Bengkulu.
Kusrini, M. Kom. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem
Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit
ANDI.
Santoso, Nurudin. 2012. Modul Ajar Sistem
Pendukung Keputusan. Malang: Politeknik
Negeri Malang.
Utaminingsih, Dwi. 2014. Sistem Pendukung
Keputusan Untuk Menempatkan Iklan Produk
pada Program Televisi Menggunakan AHP.
Jurnal Ilmiah Universitas Dian Nuswantoro
Semarang.
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.