SPK PEMILIHAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE AHP

  • Risqy Siwi Pradini Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • Indra Dharma Wijaya Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Usaha  Mikro,  Kecil,  dan  Menengah  atau  UMKM  adalah  perusahaan  kecil  yang  dimiliki  dan  dikelola  oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. Contoh UMKM adalah Cornnies dan Indri Collection. Produksi Cornnies dan Indri  Collection ini masih dengan skala kecil, karena kurang dikenal oleh masyarakat luas, oleh karena itu dibutuhkan suatu promosi. Salah satu media promosi adalah memanfaatkan media online sebagai sarana promosi. Akan tetapi media internet memiliki banyak jenis, oleh karena itu dibutuhkan pengkajian dan pengukuran untuk masing-masing jenisnya. Untuk mengukur masing-masing jenis media online, dibutuhkan suatu metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Sistem ini dapat menjadi  pendamping  pengambilan  keputusan  mengenai  pemilihan  media  online  sebagai  sarana  periklanan. Dengan adanya aplikasi ini, pengambilan keputusan menjadi lebih efektif, serta menghasilkan keputusan  yang terbaik bagi pihak Cornnies dan Indri Collection. Keputusan ini telah diuji dengan membandingkan hasil output sistem dengan hasil keputusan manual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haas, R. & Meixner, O. An Illustrated Guide To The

Analytic Hierarchy Process. Vienna: University

of Natural Resources and Applied Life Sciences.

Kartika, Trecya. 2014. Pengaruh Kualitas Produk,

Kepercayaan Konsumen Dan Pengetahuan

Tentang Media Sosial Internet Terhadap Minat

Beli Konsumen Online. Bengkulu: Universitas

Bengkulu.

Kusrini, M. Kom. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem

Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit

ANDI.

Santoso, Nurudin. 2012. Modul Ajar Sistem

Pendukung Keputusan. Malang: Politeknik

Negeri Malang.

Utaminingsih, Dwi. 2014. Sistem Pendukung

Keputusan Untuk Menempatkan Iklan Produk

pada Program Televisi Menggunakan AHP.

Jurnal Ilmiah Universitas Dian Nuswantoro

Semarang.

How to Cite
Pradini, R. S., & Wijaya, I. D. (2016). SPK PEMILIHAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE AHP. Jurnal Informatika Polinema, 2(4), 181. https://doi.org/10.33795/jip.v2i4.80
Section
Articles