PENGEMBANGAN GAME SIMULASI PENANAMAN PADI SITU BAGENDIT (STUDI KASUS PADA UPTD PERTANIAN KECAMATAN NGANTANG)
Abstract
Pertanian merupakan sektor utama yang menyumbang hamper setengah perekonomian di Indonesia. Pertanian di Indonesia dalam pembangunannya memiliki berbagai masalah yang dapat memperlambat laju perkembangan pertanian di Indonesia. Masalah muncul dari berbagai faktor diantaranya minimnya pendidikan petani, kemudian mahalnya kebutuhan biaya pertanian, lingkungan untuk mengembangkan pertanian padi mahal dan rendahnya minat generasi muda untuk mempelajari dan menekuni bidang pertanian. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran tentang pertanian yang dispesifikasikan pada tanaman padi yang tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal dengan memanfaatkan teknologi multimedia berupa game. Game yang dibuat bergenre game simulasi yang mensimulasikan penanaman padi. Game dirancang dan dimplementasikan menggunakan algoritma fuzzy untuk menentukan tingkat kemampuan pemain. Game yang dibuat juga telah diuji coba kepada user dengan tingkat kepuasan pengetahuan yang didapat oleh pengguna sebesar 84%.
Downloads
References
Abdulrachman, Sarlan.,dkk., (2013): Petunjuk
Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman
Terpadu (PTT) Padi Sawah Irigasi, Jakarta,
Badan Penelitian dan Pengembangan
Pertanian Kementerian Pertanian
Kurnia, Deni, (2012): Modul Membuat Game
dengan Unity 3D Engine Tutorial step by
step dari nol hingga mahir?, [Online]
Tersedia:
www.academia.edu/11005999/Mudah_Mem
buat_Game_dengan_Unity3D. [01 Maret
Kusumadewi, S., & Purnomo, S., (2010): Aplikasi
Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan,
Yogyakarta, Graha Ilmu
Novak, J., (2012): Game Development Essentials
Third Edition, New York: Delmar.
Putri, N. A.,(2014): Game Scoring Non Player
Character Menggunakan Agen Cerdas Berbasis Fuzzy Mamdani, Seminar Nasional
Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan
(SEMANTIK) 2014, pp. 142-149
Rasel., (2014): Multimedia System Development
Life Cycle (MSDLC), [Online] Tersedia:
http://bankofinfo.com/multimedia-systemdevelopment-life-cycle-msdlc/. [10
Desember 2015].
Roedavan, R., (2016): Unity Tutorial Game Engine
Edisi Revisi, Bandung, Informatika
Siregar, H., (1981): Budidaya Tanaman Padi di
Indonesia, Bogor, Sastra Hudaya
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.