PENGEMBANGAN GAME SIMULASI PENANAMAN PADI SITU BAGENDIT (STUDI KASUS PADA UPTD PERTANIAN KECAMATAN NGANTANG)

  • Nisa Rahma Della Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • Indra Dharma Wijaya Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • Budi Harijanto Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Pertanian  merupakan  sektor  utama  yang  menyumbang  hamper  setengah  perekonomian  di  Indonesia. Pertanian  di  Indonesia  dalam  pembangunannya  memiliki  berbagai  masalah  yang  dapat  memperlambat  laju perkembangan pertanian di Indonesia. Masalah muncul dari berbagai  faktor diantaranya minimnya pendidikan petani, kemudian mahalnya kebutuhan biaya pertanian, lingkungan untuk mengembangkan pertanian padi mahal dan rendahnya minat generasi muda untuk mempelajari dan menekuni bidang pertanian. Oleh karena itu perlu adanya  media  pembelajaran  tentang  pertanian  yang  dispesifikasikan  pada  tanaman  padi  yang  tidak  perlu mengeluarkan biaya yang mahal dengan memanfaatkan teknologi multimedia berupa  game.  Game  yang dibuat bergenre  game  simulasi  yang  mensimulasikan  penanaman  padi.  Game  dirancang  dan  dimplementasikan menggunakan algoritma fuzzy untuk menentukan tingkat kemampuan pemain. Game yang dibuat juga telah diuji coba kepada user dengan tingkat kepuasan pengetahuan yang didapat oleh pengguna sebesar 84%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrachman, Sarlan.,dkk., (2013): Petunjuk

Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman

Terpadu (PTT) Padi Sawah Irigasi, Jakarta,

Badan Penelitian dan Pengembangan

Pertanian Kementerian Pertanian

Kurnia, Deni, (2012): Modul Membuat Game

dengan Unity 3D Engine Tutorial step by

step dari nol hingga mahir?, [Online]

Tersedia:

www.academia.edu/11005999/Mudah_Mem

buat_Game_dengan_Unity3D. [01 Maret

Kusumadewi, S., & Purnomo, S., (2010): Aplikasi

Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan,

Yogyakarta, Graha Ilmu

Novak, J., (2012): Game Development Essentials

Third Edition, New York: Delmar.

Putri, N. A.,(2014): Game Scoring Non Player

Character Menggunakan Agen Cerdas Berbasis Fuzzy Mamdani, Seminar Nasional

Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan

(SEMANTIK) 2014, pp. 142-149

Rasel., (2014): Multimedia System Development

Life Cycle (MSDLC), [Online] Tersedia:

http://bankofinfo.com/multimedia-systemdevelopment-life-cycle-msdlc/. [10

Desember 2015].

Roedavan, R., (2016): Unity Tutorial Game Engine

Edisi Revisi, Bandung, Informatika

Siregar, H., (1981): Budidaya Tanaman Padi di

Indonesia, Bogor, Sastra Hudaya

How to Cite
Della, N. R., Wijaya, I. D., & Harijanto, B. (2017). PENGEMBANGAN GAME SIMULASI PENANAMAN PADI SITU BAGENDIT (STUDI KASUS PADA UPTD PERTANIAN KECAMATAN NGANTANG). Jurnal Informatika Polinema, 3(4), 29. https://doi.org/10.33795/jip.v3i4.40
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)