PLATFORM INTERAKTIF BERBASIS WEB UNTUK PEMBELAJARAN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA (UI) APLIKASI ANDROID DENGAN FUNGSI VALIDASI OTOMATIS

  • Yan Watequlis Syaifudin Polinema
  • Muhammad Sofiul Fuad Ruslan
  • Rudy Ariyanto
  • Nabilah Argyanti Ardyningrum

Abstract

Seiring meningkatnya popularitas perangkat pintar Android, permintaan programmer aplikasi Android telah meningkat pesat. Atas dasar fakta ini, pemrograman aplikasi Android telah menjadi salah satu mata pelajaran paling populer di program studi Teknologi Informasi. Dalam aplikasi Android, antarmuka pengguna memiliki peran penting untuk membuat aplikasi menjadi interaktif agar pengguna dapat nyaman menggunakan aplikasi Android. Berdasarkan studi sebelumnya, Android Programming Learning Assistance System (APLAS) yang telah digunakan sebagai platform pembelajaran mandiri untuk pembelajaran pemrograman Android. Dalam makalah ini, kami mengusulkan platform pembelajaran mandiri berbasis web di APLAS untuk mempelajari cara membuat desain antarmuka pengguna secara interaktif menggunakan kode XML.  Materi pembelajaran terdiri dari 15 topik yang mencakup pembelajaran tata letak dan penggunaan resource untuk antarmuka aplikasi. Mahasiswa akan mendapatkan tugas dalam dokumen panduan yang harus diselesaikan pada setiap topik, kemudian jawaban mahasiswa tersebut dapat divalidasi secara otomatis di server dan dan web APLAS akan menampilkan hasil validasi, yaitu berupa PASSED dan FAILED. Untuk mengevaluasi efektivitas dari platform APLAS ini, kami meminta 40 mahasiswa di program studi Teknologi Informasi di Indonesia untuk menyelesaikan semua topik pembelajaran pemrograman Android yang diberikan pada web. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua mahasiswa menyelesaikan tugas dengan benar dan memberi komentar positif pada nilai mereka, yang mengkonfirmasi keefektifan sistem APLAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alrakhawi, H. A. S., al Rekhawi, H. A., & Abu-Naser, S. S, (2018), An intelligent tutoring system for learning Android applications UI development, In International Journal of Engineering and Information Systems, vol. 2, no 1, pp. 1-14
Arnatovich, Y. L., Ngoc Ngo, M., Beng Kuan, T. H., & Soh, C. (2016). Achieving High Code Coverage in Android UI Testing via Automated Widget Exercising, 23rd Asia-Pacific Software Engineering Conference, pp. 193–200.
Hanafi, H. F., & Samsudin, K. (2012). Mobile Learning Environment System (MLES): The Case of Android-based Learning Application on Undergraduates’ Learning, Int. J. Adv. Comput. Sci. Appli., vol. 3, no. 3, pp. 63-66.
Hsiao, K. (2013), Android smartphone adoption and intention to pay for mobile internet, Library Hi Tech, vol. 31, no. 2, pp. 216–235.
Joo, H. S. (2017), A Study on UI/UX and Understanding of Computer Major Students, Int. J. Adv. Smart Conv., vol. 6 no. 4, pp. 26–32.
Junit (2021, January), JUnit: a simple framework to write repeatable tests, Available at https://junit.org/Junit4/.
Kang, H., & Cho, J. (2015), Case Study on Efficient Android Programming Education using Multi Android Development Tools, Indian Journal of Science and Technology, vol. 8, no. 19, pp. 1-5.
Kim, H. (2013), Test Driven Mobile Applications Development, Lecture Notes in Engineering and Computer Science, vol. 2, pp. 785–789.
Ohkawa, Y., Kodama, M., Konno, Y., Zhao, X., & Mitsuishi, T. (2018). A study on UI design of smartphone app for continuous blended language learning, International Conference on Business and Industrial Research, pp 584–589.
Robolectric. (2021, January), Robolectric: a framework that brings fast and reliable unit tests to Android, http://robolectric.org/.
Statista GmbH. (2020), Number of smartphone users worldwide from 2014 to 2020 (in billions), https://www.statista.com/statistics/330695/number-of-smartphone-users-worldwide/
Syaifudin, Y. W., Funabiki, N., Kuribayashi, M., & Kao, W.-C. (2019), A proposal of Android Programming Learning Assistant System with implementation of basic application learning, International Journal of Web Information Systems, vol. 16 no. 1, pp. 115–135.
Syaifudin, Y. W., Funabiki, N., Kuribayashi, M., Mentari, M., Saputra, P. Y., Yunhasnawa, Y., & Ulfa, F. (2021), Web application implementation of Android programming learning assistance system and its evaluations, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Malang, Indonesia, vol. 1073 no. 1.
Syaifudin, Y. W., Funabiki, N., Wijaya, D. C., & Mu’aasyiqiin, I. (2021), Performance Investigation of Unit Testing in Android Programming Learning Assistance System, 3rd Global Conference on Life Sciences and Technologies (LifeTech), pp. 153–157.
Syaifudin, Y. W., Rohani, S., Funabiki, N., & Saputra, P. Y. (2021), Blending Android Programming Learning Assistance System into Online Android Programming Course, 2021 9th International Conference on Information and Education Technology (ICIET), pp. 26–33.
Taba, S. E. S., Keivanloo, I., Zou, Y., & Wang, S. (2017), An exploratory study on the usage of common interface elements in android applications, Journal of Systems and Software, vol. 131, pp. 491–504.
How to Cite
Syaifudin, Y. W., Ruslan, M. S. F., Ariyanto, R., & Ardyningrum, N. A. (2022). PLATFORM INTERAKTIF BERBASIS WEB UNTUK PEMBELAJARAN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA (UI) APLIKASI ANDROID DENGAN FUNGSI VALIDASI OTOMATIS. Jurnal Informatika Polinema, 8(1), 9-16. https://doi.org/10.33795/jip.v8i1.948