PENERAPAN MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) DENGAN METODE ALGORTMA APRIORI UNTUK MENGANALISIS POLA PENJUALAN BATIK KHAS BANYUWANGI DI SEKAR KEDATON

  • Rudy Ariyanto Politeknik Negeri Malang
  • Hendra Pradibta Politeknik Negeri Malang
  • Christine Puspa Sanjaya Politeknik Negeri Malang

Abstract

Sekar Kedaton berdiri sejak 2005 dan telah memiliki banyak konsumen, namun dalam bidang promosi produk kain batik yang dijual  masih sangat kurang dikarenakan butik tersebut hanya melakukan penjualan secara offline. Sehingga karena banyaknya konsumen, butik Sekar Kedaton tidak dapat menentukan produk kain batik apa saja yang lebih diminati oleh pihak konsumen dan dibeli secara bersamaan dalam satu transaksi sehingga produk kain batik yang tidak diminati atau tidak diketahui konsumen mengalami penumpukan stok dan dapat merugikan butik dalam meningkatkan penjualan. Dan dalam jumlah data produk dan transaksi yang cukup besar mengakibatkan butik tersebut mengalami kesulitan dalam memanajemen data, yang dimana setiap waktu data yang masuk semakin bertambah ini menyebabkan data tersebut hanya menjadi data yang tidak berguna. Oleh sebab itu diperlukan adanya sebuah metode yang diterapkan untuk menyelesaikan permsalahan seperti penjualan barang yang kurang maksimal.

Market Basket Analysis merupakan salah satu teknik dari data mining yang digunakan untuk menentukan produk-produk yang manakah yang akan dibeli oleh pelanggan secara bersamaan dengan melakukan analisa terhadap daftar transaksi pelanggan. Dengan mengetahui produk-produk tersebut, maka sebuah sistem yang berbasis website ini dapat memudahkan pemilik butik dalam pengambilan keputusan untuk informasi mengenai pola belanja konsumen serta dapat membantu dalam meningkatkan persediaan barang untuk penjualan selanjutnya.

 

Kata kunci: Sekar Kedaton, Batik,Market Basket Analysis, Data Mining

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-01
How to Cite
[1]
R. Ariyanto, H. Pradibta, and C. P. Sanjaya, “PENERAPAN MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) DENGAN METODE ALGORTMA APRIORI UNTUK MENGANALISIS POLA PENJUALAN BATIK KHAS BANYUWANGI DI SEKAR KEDATON”, JIP, vol. 5, no. 4, pp. 190-196, Aug. 2019.
Section
Articles