RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKATIF EKOSISTEM LAUT DENGAN MENGGUNAKAN KINECT
Abstract
Seiring dengan perkembangan sebuah teknologi terdapat banyak alat-alat pengontrol atau alat gerak yang digunakan untuk alat control utama baik console ataupun computer. Alat pengontrol yang paling baru ialah Kinect yang dibuat oleh Microsoft pada tahun 2010. Kinect sebuah alat yang menggunakan gerak tubuh sebagai alat masukan atau inputan. Selain itu pengetahuan tentang bahari atau kelautan untuk pemuda-pemudi di Indonesia juga sangat minim, mereka lebih mengenal budaya-budaya asing yang mudah didapatkan informasinya karena mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu dibuat aplikasi edukatif ekosistem laut dengan menggunakan Kinect sebagai alat utama penggerak yang diharapan dapat membuat aplikasi edukatif ekosistem laut yang interaktif serta dapat meningkatkan pengetahuan seseorang akan infromasi ekosistem laut yang ada di Indonesia.
Downloads
References
Amrulloh, Rizqi, dkk. 2013. Kelayakan Teoritis
Media Pembelajaran Multimedia Interaktif
Materi Mutasi Untuk SMA Vol.2 No.2.
Surabaya: UNESA
Eni, Shohifah. 2013. Aplikasi Tur Virtual Taman Sari
Dimensi Menggunakan Unity, Yogyakarta :
UII
Mathe, Z. (2011). Inside Kinect: Skeletal Tracking
Deep Dive. Dikutip pada tanggal Januari 28,
, dari Microsoft:
http://www.microsoft.com/download/en/confir
mation.aspx?id=26098
Yudithya, Willy. 2012. Perancangan Program
Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Dengan
Metode Dynamic Time Warping . Jakarta Barat:
Binus
Mar’atus Sholihah, Laila. 2014. Pemanfaatan Kinect
Untuk Game Edukasi Pelatihan Merawat Diri
Untuk Anak Sekolah Dasar Berkebutuhan
Khusus Tunagrahita . Surakarta : Universitas
Muhammadiyah
Landasan Teori. Dikutip pada tanggal Juli 2, 2015,
dari :
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/552/jbptunikomp
pgdllitalararo275932bab2.
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.