RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKATIF EKOSISTEM LAUT DENGAN MENGGUNAKAN KINECT

  • Harry Yanuar Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • Dyah Ayu Irawati Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Seiring dengan perkembangan sebuah teknologi terdapat banyak alat-alat pengontrol atau alat gerak yang digunakan untuk alat control utama baik console ataupun computer. Alat pengontrol yang paling baru ialah Kinect yang dibuat oleh Microsoft pada tahun 2010. Kinect sebuah alat yang menggunakan gerak tubuh sebagai alat masukan atau inputan. Selain itu pengetahuan tentang bahari atau kelautan untuk pemuda-pemudi di Indonesia juga sangat minim, mereka lebih mengenal budaya-budaya asing yang mudah didapatkan informasinya karena mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu dibuat aplikasi edukatif ekosistem laut dengan menggunakan Kinect sebagai alat utama penggerak yang diharapan dapat membuat aplikasi edukatif ekosistem laut yang interaktif serta dapat meningkatkan pengetahuan seseorang akan infromasi ekosistem laut yang ada di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrulloh, Rizqi, dkk. 2013. Kelayakan Teoritis

Media Pembelajaran Multimedia Interaktif

Materi Mutasi Untuk SMA Vol.2 No.2.

Surabaya: UNESA

Eni, Shohifah. 2013. Aplikasi Tur Virtual Taman Sari

Dimensi Menggunakan Unity, Yogyakarta :

UII

Mathe, Z. (2011). Inside Kinect: Skeletal Tracking

Deep Dive. Dikutip pada tanggal Januari 28,

, dari Microsoft:

http://www.microsoft.com/download/en/confir

mation.aspx?id=26098

Yudithya, Willy. 2012. Perancangan Program

Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Dengan

Metode Dynamic Time Warping . Jakarta Barat:

Binus

Mar’atus Sholihah, Laila. 2014. Pemanfaatan Kinect

Untuk Game Edukasi Pelatihan Merawat Diri

Untuk Anak Sekolah Dasar Berkebutuhan

Khusus Tunagrahita . Surakarta : Universitas

Muhammadiyah

Landasan Teori. Dikutip pada tanggal Juli 2, 2015,

dari :

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/552/jbptunikomp

pgdllitalararo275932bab2.

pdf

How to Cite
Yanuar, H., & Irawati, D. A. (2016). RANCANG BANGUN APLIKASI EDUKATIF EKOSISTEM LAUT DENGAN MENGGUNAKAN KINECT. Jurnal Informatika Polinema, 2(3), 96. https://doi.org/10.33795/jip.v2i3.64
Section
Articles