RANCANG BANGUN GAME FIGHTING PEWAYANGAN BAHURAKSA ARENA
Abstract
Wayang adalah salah satu pertunjukkan yang dimiliki oleh Indonesia, dan salah satu kisah wayang yang sering digunakan adalah “Mahabharata”. Menceritakan konflik antara Pandawa dan Kurawa, dari kedua belah pihak memiliki prajurit ataupun ksatria yang memiliki kesaktian dan cara bertarung sendiri. Sehingga sangat cocok untuk di kembangkan menjadi sebuah game fighting. Game sangat populer di semua kalangan baik dari dewasa hingga anak kecil, terutama di platform mobile, karena game mobile bisa dimainkan dimana saja. Game fighting sendiri adalah salah satu genre game yang dimana seorang pemain mengendalikan salah satu karakter dan bertarung dengan jarak yang dekat dengan seorang lawan. game ini di buat dengan menggunakan metode NGram untuk menghasilkan kecerdasan buatan yang dapat menentukan pergerakan lawan atau yang di sebut dengan NPC (Non-Player Character). N-gram adalah metode untuk memprediksi gerakan pemain, pemain akan melakukan tindakan seperti gerak maju, mundur, lompat, jongkok, menyerang 1 dan menyerang 2 kemudian kecerdasan buatan. Sehingga metode N-gram sangat cocok untuk di implementasikan pada game ber-genre fighting.
Downloads
References
Arifin, F., (2013): Implementasi Metode N-Gram
pada pembuatan Game Fighting Madura
berbasis Android OS Mobile, Jurnal Sarjana
Teknik Informatika Vol. 1, No. 1, 08 Juli
AI Laili, C.F., (2014): Rancang Bangun Game
Third Person Shooter 3d Monster Boat Atack,
Skripsi diterbitkan.
Davy, C., (2015): Pengertian Wayang Indonesia
Beserta Jenis-Jenisnya, [Online] Tersedia:
http://www.macammacambudayaindonesia.co
m/2015/07/pengertian-wayang-indonesiabeserta.html [7 Januari 2016].
Drew, J., (2013): Creating N-Grams Using C#,
[Online]Tersedia:
http://www.codeproject.com/Articles/582095/
CreatingplusN-gramsplusUsingplusC
April 2016].
Millington, I., (2009): Artificial Intelligence For
Games, New York, Morgan Kaufmann
Publisher.
Pendit, N. S., (2003): Mahabarata, Jakarta,
Gramedia.
Suharian, E., (2013): Pembuatan Game 2D
Basket Warrior Menggunakan Framework
Orthello Dengan Unity Engine Untuk Platform
Android, Jurnal Ilmiah MATRIK Vol. 10, No.
, 06 Juli 2015
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.