RANCANG BANGUN GAME FIGHTING PEWAYANGAN BAHURAKSA ARENA

  • Aisy Muhammad R Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • Dyah Ayu Irawati Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • Faisal Rahutomo Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Wayang adalah salah satu pertunjukkan yang dimiliki oleh Indonesia, dan salah satu kisah wayang yang sering digunakan adalah “Mahabharata”. Menceritakan konflik antara Pandawa dan Kurawa, dari kedua belah pihak  memiliki  prajurit  ataupun  ksatria  yang  memiliki  kesaktian  dan  cara  bertarung  sendiri.  Sehingga  sangat cocok untuk di kembangkan menjadi sebuah  game  fightingGame  sangat populer di semua kalangan baik dari dewasa hingga anak kecil, terutama di  platform mobile, karena  game  mobile  bisa dimainkan dimana  saja. Game fighting  sendiri adalah salah satu  genre  game  yang dimana seorang pemain mengendalikan salah satu karakter dan bertarung dengan jarak yang dekat dengan seorang lawan. game ini di buat dengan menggunakan metode NGram  untuk  menghasilkan  kecerdasan  buatan  yang  dapat  menentukan  pergerakan  lawan  atau  yang  di  sebut dengan NPC (Non-Player  Character).  N-gram adalah metode untuk memprediksi gerakan pemain, pemain akan melakukan  tindakan  seperti  gerak  maju,  mundur,  lompat,  jongkok,  menyerang  1  dan  menyerang  2  kemudian kecerdasan  buatan.  Sehingga  metode  N-gram  sangat  cocok  untuk  di  implementasikan  pada  game  ber-genre fighting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, F., (2013): Implementasi Metode N-Gram

pada pembuatan Game Fighting Madura

berbasis Android OS Mobile, Jurnal Sarjana

Teknik Informatika Vol. 1, No. 1, 08 Juli

AI Laili, C.F., (2014): Rancang Bangun Game

Third Person Shooter 3d Monster Boat Atack,

Skripsi diterbitkan.

Davy, C., (2015): Pengertian Wayang Indonesia

Beserta Jenis-Jenisnya, [Online] Tersedia:

http://www.macammacambudayaindonesia.co

m/2015/07/pengertian-wayang-indonesiabeserta.html [7 Januari 2016].

Drew, J., (2013): Creating N-Grams Using C#,

[Online]Tersedia:

http://www.codeproject.com/Articles/582095/

CreatingplusN-gramsplusUsingplusC

April 2016].

Millington, I., (2009): Artificial Intelligence For

Games, New York, Morgan Kaufmann

Publisher.

Pendit, N. S., (2003): Mahabarata, Jakarta,

Gramedia.

Suharian, E., (2013): Pembuatan Game 2D

Basket Warrior Menggunakan Framework

Orthello Dengan Unity Engine Untuk Platform

Android, Jurnal Ilmiah MATRIK Vol. 10, No.

, 06 Juli 2015

How to Cite
Muhammad R, A., Irawati, D. A., & Rahutomo, F. (2017). RANCANG BANGUN GAME FIGHTING PEWAYANGAN BAHURAKSA ARENA. Jurnal Informatika Polinema, 3(2), 39. https://doi.org/10.33795/jip.v3i2.12
Section
Articles