ANALISA PENGGUNAAN METODE MOVING AVERAGE DAN FUZZY TIME SERIES PADA PENGEMBANGAN WEBSITE UNTUK MEMPREDIKSI HARGA TRANSFER PEMAIN MUSIM DEPAN

  • Yan Watequlis Syaifudin Politeknik Negeri Malang
  • Yoppy Yunhasnawa Politeknik Negeri Malang
  • Muhamad Zainul Fanani Politeknik Negeri Malang

Abstract

Peramalan adalah perhitungan yang objektif dan dengan menggunakan data-data masa lalu, untuk menentukan sesuatu dimasa yang akan datang. Dalam dunia sepakbola  sekarang ini dibutuhkan sebuah perkiraan harga pemain sepak bola yang akan di proses untuk mendapatkan hasil yang diharapkan pada periode selanjutnya.Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi untuk meramalkan perencanaan dalam memprediksi harga pemain sepak bola dengan menggunakan dua metode yaitu Moving Average dan Fuzzy Time Series. Sistem peramalan dengan fuzzy time series menangkap pola dari data yang telah lalu kemudian digunakan untuk memproyeksikan data yang akan datang begitu juga denga metode Moving Average.Hasil implementasi dari dua metode tersebut menghasilkan perbandingan harga pemain sepak bola. Hasil perbandingan tersebut  akan dipakai untuk mengukur keakuratan metode yang dipakai. Dalam penelitian ini penulis mendapatkan hasil bahwa metode Fuzzy Time Series lebih akurat untuk kasus perhitungan prediksi harga pemain sepak bola daripada metode moving average menggunakan 100 data pemain sepak bola.

Kata kunci : Peramalan, Moving Average, Fuzzy Time Series, Harga Pemain

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-01
How to Cite
[1]
Y. W. Syaifudin, Y. Yunhasnawa, and M. Z. Fanani, “ANALISA PENGGUNAAN METODE MOVING AVERAGE DAN FUZZY TIME SERIES PADA PENGEMBANGAN WEBSITE UNTUK MEMPREDIKSI HARGA TRANSFER PEMAIN MUSIM DEPAN”, JIP, vol. 5, no. 4, pp. 204-208, Aug. 2019.
Section
Articles