ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-KLINIK BASMALLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Saleh Yaakub saleh Universitas Muhammadiyah Jambi

Abstract

Proses bisnis merupakan salah satu jenis kegiatan yang ada pada instansi yang dikelola dan dijalankan untuk mencapai satu tujuan tertentu. Salah satu permasalahan dalam manajemen suatu instansi adalah tidak adanya Sistem Informasi yang mendukung proses manajemen dalam pelayanan. Kota Jambi merupakan daerah yang terdiri dari perdagangan dan Jasa, seperti dibidang Pendidikan, bidang kesehatan, bidang pertanian dan bidang UMKM yang menyebar dan berjalan hingga saat ini. Perdagangan dan jasa tersebut untuk saat ini mayoritas proses bisnisnya masi dikerjakan oleh masyarakat secara manual, baik dalam hal tatakelola maupun dalam hal pelayanan terhadap pemangku kepentingan. Kondisi ini tentu di nilai kurang efektif, dimana pengerjaan sangat bergantung dengan manusia.

Salah satu permasalahan dalam manajemen suatu lembaga dalam hal ini adalah Klinik Basmalah Kota Jambi yaitu tidak adanya sistem informasi yang mendukung proses bisnis manajemen dalam hal pelayanan. pada dasarnya pekerja di klinik melakukan pelayanan berdasarkan rutinitas jadwal yang telah ditentukan, tanpa memperhatikan kondisi dilapangan seperti cuaca yang tidak menentu, adanya pasien di luar jam kerja dan tingkat kebutuhan masyarakat dari luar daerah atau wilayah. Permasalahan ini dapat disimpulkan bahwa Klinik Basmalah tidak dapat menjalankan pelayanan dengan maksimal. Akibatnya terkadang masyarakat mengalami kendala untuk menjangkau Klinik baik dalam hal informasi maupun dalam hal proses pelayanan secara langsung.

Dari permasalahan tersebut salah satu tujuan penelitian ini adalah bagaimana menganalisis dan merancang sistem informasi E-Klink Basmalah dengan menggunakan web, sehingga Klinik Basmalah dapat di akses dan berkomunikasi dengan masyarakat dan pemangku kepentingan dengan memanfaatkan media Internet sebagai jalur utama. Dengan sistem ini diharapkan dapat membantu manajemen klinik basmalah secara akurat dalam hal proses pelayanan. Sistem Informasi ini dirancang dapat bekerja selama 24 jam, sehingga pekerja tidak perlu lagi memantau dan stanbay melainkan pelayanan dapat di monitoring secara terstruktur.

Dalam penelitian akan diterapkan metode ekstraksi ciri berbasis statistis, yaitu pencarian fitur ciri proses bisnis berdasarkan pelayanan yang ada dan akan disesuaikan dengan proses transaksi dan informasi di setiap masing-masiang unit, berdasarkan metode statistis proses pada sistem sangat ditentukan oleh layanan yang ada pada klinik basmalah, seperti layanan BPJS, layanan jadwal dokter dan layanan pendaftaran pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. Y. A. and R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2017.
[2] R. A. Fauzi, Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi)”. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
[3] C. Dr. Sri Mulyani, Ak., Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language. Bandung: Abdi Sistematika., 2016.
[4] A. S. and X. Najoan, “Prototipe Aplikasi Sistem Informasi Akademik pada Perangkat Android,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 2 No.5, pp. 1-10, 2013.
[5] P. M. Herliana, A., & Rasyid, “Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap,” J. Inform. 1, 41–50, 2016.
[6] E. A. W. T. H. A. Endang Lestariningsih, “Rancang Bangun E-Office Administrasi Surat Di Bagian Humas Universitas
Stikubank Semarang,” J. Din. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 102–108, 2015.
[7] B. O. Juairiyah, “Dalam Administrasi Perkantoran (Studi Kasus : Balitbangda Prov. Sumsel,” pp. 75–84, 2017.
[8] D. W. Sutha, “Administrasi Perkantoran Cara Mudah Memahami Konsep Dasar Administrasi Perkantoran Secara Umum,” Indomedia Pustaka pp.1-4., 2018.
[9] “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006
Tentang Administrasi Kependudukan.” .
[10] M. and N. Khairuldi, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Data Kependudukan Pada Desa Purwasari Karawang,” J.
Procesor., vol. 15, no. 1, pp 7-46, 2017.
[11] T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2012
How to Cite
saleh, S. Y. (2022). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-KLINIK BASMALLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Informatika Polinema, 8(2), 9-18. https://doi.org/10.33795/jip.v8i2.875