EDUKASI PROTOKOL KESEHATAN BERBASIS GAME MENGGUNAKAN ALGORITMA FLOYD WARSHALL

  • Bobbi Setiawan Universitas Katolik Musi Charitas
  • Latius Hermawan Universitas Katolik Musi Charitas

Abstract

Protokol kesehatan adalah aturan dan ketentuan yang perlu diikuti oleh segala pihak agar dapat beraktivitas secara aman. Kasus Covid – 19 terjadi pada usia anak sekolah dan rentang usianya paling banyak terjadi pada usia 7 – 12 tahun. Edukasi protokol kesehatan menjadi hal yang baik untuk anak – anak SD. Edukasi dapat diterapkan dalam bentuk game. Oleh karena itu dibangunlah sebuah aplikasi edukasi protokol kesehatan berbasis game menggunakan algoritma Floyd Warshall bernama Prokester. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar siswa/i SD Xaverius 9 Palembang memberikan tanggapan positif mengenai game Prokester dan bersedia menaati protokol kesehatan. kesimpulan dari penelitian ini adalah game Prokester berhasil dibuat menggunakan software Unity 3D, lebih dari 90% siswa/i menyatakan senang karena proses pembelajaran berbasis game lebih menyenangkan dan siswa/i bersedia menaati protokol kesehatan supaya dapat beraktivitas secara aman dengan orang – orang di sekitarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianto, I., & Furqon, R. M. (2018). The Herbalist Game Edukasi Pengobatan Herbal Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 8(2), 141. https://doi.org/10.21456/vol8iss2pp141-148
Costikyan, G. (2013). Uncetainty In Games. The MIT Press.
Eka Jayanti, W., Eva, M., & Fahriza, N. (2018). Game Edukasi “Kids Learning” Sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.32485/kopertip.v2i2.56
Ismiati, M. B., Hermawan, L., & R., P. W. (2020). Aplikasi Pembelajaran English Grammar Berbasis Game Android. Jurnal Transformatika, 17(2), 177. https://doi.org/10.26623/transformatika.v17i2.1703
Jaya, H., Sabran, D., Pd, M., Ma, M., Djawad, Y. A., Sc, M., Ilham, A., Ahmar, A. S., Si, S., & Sc, M. (2018). Kecerdasan Buatan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
KBBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/sehat
Kemkes.go.id. (2021). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html
Makarim, dr. F. R. (2021a). Hidup Sehat. https://www.halodoc.com/kesehatan/hidup-sehat
Makarim, dr. F. R. (2021b). Mengenal Protokol Kesehatan 5M untuk Cegah COVID-19. Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-protokol-kesehatan-5m-untuk-cegah-covid-19
Mardiyah, F. (2020). Apakah yang Dimaksud Protokol Kesehatan COVID-19? https://tirto.id/apakah-yang-dimaksud-protokol-kesehatan-covid-19-f3W3
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. 183.
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Muzdalifah, L., Oktafianto, K., & Mustika, E. D. (2018). MODEL JARINGAN DISTRIBUSI BERAS OPTIMAL Pendahuluan Landasan Teori Distribusi Pangan ( Beras ). 2(2), 101–111.
NewsGoogle. (2021). Virus Corona (COVID 19). https://news.google.com/covid19/map?hl=id&mid=%2Fm%2F03ryn&gl=ID&ceid=ID%3Aid
Nurhasan, U., Pradibta, H., & Alhaddad, F. Z. (2020). Analisis Perilaku Non Playable Character (Npc) Pada Game Menggunakan Fuzzy Sugeno. Techno.Com, 19(3), 308–320. https://doi.org/10.33633/tc.v19i3.3477
Pramana. (2021). COVID-19 pada Anak Paling Banyak Terjadi di Rentang Usia 7-12 Tahun. https://www.jawapos.com/kesehatan/30/03/2021/covid-19-pada-anak-paling-banyak-terjadi-di-rentang-usia-7-12-tahun/
Putri, B. J. (2016). Usia Berapa Anak Boleh Main Game? https://www.liputan6.com/health/read/2515735/usia-berapa-anak-boleh-main-game
Ridwan, F., & Agustin, R. D. (2020). Penggunaan Algoritma Floyd-Warshall untuk Menentukan Rute Terpendek Menuju Air Terjun Waimarang. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 87–94. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.375
RM. (2021). Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 31 Mei 2021. https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-31-mei-2021
Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran PAUD. Jurnal INFORM, 1(1), 1–8.
Wibowo, A. (2017). Ada 4 Jenis dan 11 Genre Game, yang Mana Favorit Kamu? https://www.pricebook.co.id/article/review/2016/01/26/3593/ada-4-jenis-dan-11-genre-game-yang-mana-favorit-kamu
How to Cite
Setiawan, B., & Latius Hermawan. (2022). EDUKASI PROTOKOL KESEHATAN BERBASIS GAME MENGGUNAKAN ALGORITMA FLOYD WARSHALL. Jurnal Informatika Polinema, 8(1), 25-30. https://doi.org/10.33795/jip.v8i1.873