KLASIFIKASI KETERPAKAIAN MODUL E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN PENDEKATAN TEXT MINING

  • Enda Esyudha Pratama Universitas Tanjungpura
Keywords: e-learning, moodle, modul, klasifikasi, text mining

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada berbagai bidang termasuk dunia pendidikan. Salah satu kebijakan yang harus dilakukan adalah melarang proses belajar tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran daring. Universitas Tanjungpura sebagai salah satu institusi pendidikan memfasilitasi kebijakan ini dengan menyediakan fasilitas sistem e-learning. Sistem e-learning di UNTAN menggunakan platform Moodle. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi yang dapat mengklasifikasi keterpakaian modul e-learning secara otomatis. Sebuah modul dapat dianggap dipakai atau digunakan apabila memiliki fitur atau aktivitas seperti lesson, assignment, quiz, forum, file, dan rencana pembelajaran semester (RPS). Untuk dapat mendeteksi secara ototmatis apakah sebuah modul memiliki fitur-fitur tersebut, maka perlu dibuat sebuah aplikasi yang dapat menemukan informasi tersebut secara cepat, tepat, dan akurat. Informasi didapat dengan cara mengambil (crawling) data tampilan modul berupa kode HTML untuk kemudian mengolahnya menggunakan metode text mining. Data yang diolah menghasilkan informasi berupa kategori keterpakaian modul, rekapitulasi data modul berdasarkan tahun ajaran, fakultas, dan program studi serta kualitas modul berdasarkan nilai (scoring). Berdasarkan hasil pengujian dengan mengambil sampling 5 modul pada tiap fakultas, didapat kinerja algoritma dalam mengklasifikasikan kateogri modul secara benar sebesar 88,89 %. Hal ini dapat dikatakan algoritma dapat bekerja secara baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, H. (2019): Pengembangan Model Pembelajaran Virtual (MPV) Berbasis Video E-Learning Moodle. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan
Putri, S. E. Putri, Hamuddin, B. Nursafira, M. S. and T. Derin, (2020): Discourse Analysis in E-Learning-Based Course Using Moodle Platform: An Experimental Design. Journal of Research and Innovation in Language.
Inggriyani, F. Fazriyah, N and Purbasari, A. (2019) Penggunaan E-learning Berbasis Moodle bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung, Jurnal SOLMA
Fatmawati, S. (2019): Efektivitas Forum Diskusi Pada E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar, Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 9, no. 2
Muhammad, H. R. Eka Murtinugraha, and Sittati Musalamah. (2020): Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian, Jurnal
Sara, K. Witi, F. L. and A. Mude, (2020): Implementasi E-Learning Berbasis Moodle di Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), vol. 3, no. 2
A. Priyanto and M. R. Ma’arif, (2018) Implementasi Web Scrapping dan Text Mining untuk Akuisisi dan Kategorisasi Informasi dari Internet (Studi Kasus: Tutorial Hidroponik) Indonesian Journal of Information Systems
Riski, B. W. Dwi, R. Nooraeni, T. Siahaan, and Y. Dhea, (2019) Analisis Text Mining dari Cuitan Twitter Mengenai Infrastruktur di Indonesia dengan Metode Klasifikasi Naïve Bayes,” Eigen Mathematics Journal
Pratama, E. E, Sastypratiwi H. and Yulianti, “Analisis Kecenderungan Informasi Terkait Covid-10 Berdasarkan Big Data Sosial Media dengan Menggunakan Metode Data Mining,” Jurnal Informatika Polinema, vol. 7, no. 2, 2021, doi: 10.33795/jip.v7i2.453. Available: [Accessed: 10-Agustus-2021]
Deolika, A. Kusrini, K. and Lutfi, E. T. Luthfi, “Analisis Pembobotan Kata Pada Klasifikasi Text Mining,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, 2019.
Hidayatullah, F. (2016) Penerapan Text mining dalam Klasifikasi Judul Skripsi Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi,” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi)
Somantri, O. Khambali, M. (2017) Feature Selection Klasifikasi Kategori Cerita Pendek Menggunakan Naïve Bayes dan Algoritme Genetika. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(3), 301-306. 2017.
Hormansyah, D. S., Utama, Y. P. (2018) Aplikasi Chatbot Berbasis Web pada Sistem Informasi Layanan Publik Kesehatan di Malang dengan Menggunakan Metode TF-IDF. Jurnal Informatika Polinema
Prameswari, K. Setiawan, E. B. (2019) Analisis Kepribadian Melalui Twitter Menggunakan Metode Logistic Regression dengan Pembobotan TF-IDF dan AHP eProceedings of Engineering
Putri, S. V. (2020) Klasifikasi Multi Label Gaya Belajar VAK berdasarkan Perilaku Pembelajaran pada E-learning Menggunakan Metode Supervised Learning. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Ferdino, I. Ferdino, (2019) Rancang Bangun Aplikasi Website Pendukung Rekayasa Kebutuhan Menggunakan Naive Bayes Classifier untuk Klasifikasi User Feedback (Studi Kasus: E-Learning Universitas Multimedia Nusantara) (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara
How to Cite
Enda Esyudha Pratama. (2022). KLASIFIKASI KETERPAKAIAN MODUL E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN PENDEKATAN TEXT MINING. Jurnal Informatika Polinema, 8(2), 19-26. https://doi.org/10.33795/jip.v8i2.867