SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ROTASI POSISI DUDUK SISWA DALAM KELAS (STUDI KASUS SDN PURWODADI 1 MALANG)
Abstract
Selama ini rotasi posisi duduk siswa dalam kelas dibebaskan oleh walikelas. Ada siswa yang memakai kacamata duduk di belakang, siswa yang pandai duduk di depan, siswa yang pendek duduk di belakang dan ada pula orang tua siswa yang menitipkan anaknya kepada walikelas untuk menempatkan duduk di depan. Hal ini menimbulkan posisi duduk yang tidak merata yang seharusnya mendapatkan posisi duduk yang sebenarnya tetapi mendapatkan posisi yang sebaliknya. Dengan adanya permasalahan ini diperlukan suatu sistem pendukung keputusan rotasi posisi duduk siswa dalam kelas di SDN Purwodadi 1 Malang menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) agar dapat membantu walikelas untuk mendukung keputusan rotasi posisi duduk siswa dalam kelas yang seimbang dan optimal agar para siswa mendapatkan posisi duduk yang tepat sehingga dapat mempengaruhi proses belajar mengajar yang baik serta meningkatkan nilai rata – rata siswa dalam kelas. Sistem Pendukung keputusan rotasi posisi duduk siswa dalam kelas ini dapat memberikan penilaian pendukung keputusan rotasi posisi duduk siswa dalam kelas dengan menggunakan metode SAW berupa rangking dan selanjutnya diimplementasikan pada pola posisi duduk siswa serta dapat membantu wali kelas untuk mendukung keputusan rotasi posisi duduk siswa dalam kelas berdasarkan empat kriteria yaitu sikap siswa, penggunaan kacamata pada siswa, nilai siswa dan tinggi badan siswa terbukti berdasarkan hasil kuesioner yang diisi oleh walikelas dengan tingkat akurasi sebesar 82%.
Downloads
References
Ariyanto, Rudy. 2013. “Sistem Pendukung
Keputusan Kelompok Untuk Seleksi Proposal
Penelitian Hibah Bersaing Menggunakan
Metode FAHP dan FMCDM (Studi Kasus:
UPT P2M Politeknik Negeri Malang)”. Tesis
Program Studi S2 Ilmu Komputer Fakultas
Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta” All
GDSS PHB V.41 (Desember 2013)
Dr. Sudaryono. 2015. “Metodologi Riset di Bidang
IT (Panduan Praktis, Teori, dan Contoh
Kasus)”. Andi : Yogyakarta
Drs.Riduwan, M.B.A. 2005. “Dasar – Dasar
Statistika”. Alfabeta : Bandung
Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M.Ag. dan Drs.
Aswan Zain. 2013.“Strategi Belajar
Mengajar”. Rineka Cipta : Jakarta
Irfan Subakti. 2002. ”IFI1524 Sistem Pendukung
Keputusan (Decision Support
System).directory.umm.ac.id/tik/Buku_Pandua
n_SPK.pdf”. Jurusan Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Informasi. Institut
Teknologi Sepuluh November Surabaya.
Diakses 7 November 2015
Jurnal Informatika Polinema ISSN: 2407-070X
Halaman |7
Jasin.Anwar. 1996. ”Pengelolaan Kelas”. PT.
Gramedia Widiasrana Indonesia : Jakarta
Kusrini, M.Kom, 2007. “Konsep dan Aplikasi Sistem
Pendukung Keputusan”. Andi : Yogyakarta.
Mansyur Thalib, Muhammad.2014. “Pengaruh
Pemberian Tugas dan Posisi Tempat Duduk
Terhadap Hasil Belajar Statistik Pendidikan”,
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreati
f/article/view/2397
Sidik, Rohman. Maret 2014. "Sistem Pendukung
Keputusan Dalam Menentukan Kelayakan
Lokasi Untuk Membangun Tower Pemancar
Sinyal Menggunakan Metode Simple Additive
Weighting (SAW)". Jurnal Pelita Informatika
Budi Darma, Volume : VI, Nomor 1, Maret
ISSN : 2301-9425,
https://docs.google.com/uc?export=download&
id=0B0kHciMbdcXNM3F4d09palJSZlE
Turban, Efrain, Dkk. 2005. “Decision Support
System and Intelligent Systems (Sistem
Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas)
Edisi 7 Jilid 1”. Andi : Yogyakarta
Usito, Nugroho Joko. 2013. "Sistem Pendukung
Keputusan Penilaian Proses Belajar Mengajar
Menggunakan Metode Simple Additive
Weighting (SAW)". Tesis Program Magister
Sistem Informasi Pascasarjana Univeristas
Diponegoro Semarang,
http://core.ac.uk/download/pdf/18605548.pdf
Valensia, Verina, dkk. 2012. “Aplikasi Tutorial
Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan
Metode Simple Additive Weighting”. Jurnal
Teknik Informatika Vol 1 September 2012.
Program Studi Teknik Informatika Politeknik
Caltex Riau,
http://aksara.pcr.ac.id/page/read_pdf.php?na
e=jurnal-verina-baru_-revisi1.pdf&id=60, 1
September 2012
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.