Finite State Machine in Chatbot Line E-Commerce Design Using NodeJs MongoDb and Express

  • Farid Angga Pribadi Politeknik Negeri Malang
  • Annisa Taufika Firdausi Politeknik Negeri Malang
  • Putra Prima Arhandi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi informasi mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku pengguna di internet. Saat ini media sosial mengambil peranan penting dalam pemasaran dan penjualan. Salah satu sosial media yang populer di indonesia adalah line messenger. Line memiliki fitur chatbot yang memungkinkan untuk membuat chat berbasis bot yang dapat dijalankan pada aplikasi line messenger. Namun terdapat kekurangan pada chatbot yaitu manajemen menu dan fungsi yang ditampilkan ke user tidak termanajemen dengan baik. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan finite state machine. Metode finite state machine digunakan untuk menentukan alur pengguna saat memilih menu yang tampil pada chatbot. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun chatbot yang akan dimanfaatkan untuk penjualan dan pembelian serta menerapkan metode finite state machine untuk manajemen menu yang ditampilkan pada chatbot. Model pengembangan Software development life cycle (SDLC) yang digunakan adalah model Rapid Application Development (RAD). RAD memiliki beberapa tahapan yaitu analisa (analysis), perancangan (design), implementasi (implementation), pengujian (testing), pemeliharaan (maintenance). Pada penelitian ini dilakukan dua jenis pengujian, yang pertama pengujian finite state, pengujian dilakukan dengan melakukan input terhadap state chatbot dan membandingkan response chatbot dengan hasil yang diharapkan. Yang kedua Usability Testing yaitu pengujian dilakukan menggunakan kuisoner Computer System Usability Questionnaire (CSUQ). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa 87% pengguna dapat dengan mudah untuk menggunakan sistem chatbot yang digunakan untuk penjualan dan pembelian serta metode finite state machine dapat menampilkan menu sesuai state yang ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abhishek, S., Karthik, R., & Shrey, S. (2019). Building an Enterprise Chatbot. Apress.
Amalia, E. L., & Wibowo, D. W. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 137. https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.410
Chand, J. (2017). Chatbot: architecture, design & development. Scientific Reports, 19, 46.
Colace, F., de Santo, M., Pascale, F., Lemma, S., & Lombardi, M. (2017). BotWheels: a Petri Net based Chatbot for Recommending Tires. Proceedings of the 6th International Conference on Data Science, Technology and Applications, 350–358. https://doi.org/10.5220/0006491903500358
Ethan Brown. (2014). Web Development with Node and Express: Leveraging the JavaScript Stack (1st ed., Vol. 1). O’Reilly Media, Inc.
Fadhil, A., & Gabrielli, S. (2017). Addressing challenges in promoting healthy lifestyles. Proceedings of the 11th EAI International Conference on Pervasive Computing Technologies for Healthcare, 261–265. https://doi.org/10.1145/3154862.3154914
Hariadi, F. (2019). Manajemen User Interface Pada Game 2D Berbasis Finite State Machine. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 3(2), 144. https://doi.org/10.30865/mib.v3i2.1159
Herron, D. (2020). Node.js Web Development. Pact.
Hormansyah, D. S., Ririd, A. R. T. H., & Pribadi, D. T. (2018). IMPLEMENTASI FSM (FINITE STATE MACHINE) PADA GAME PERJUANGAN PANGERAN DIPONEGORO. Jurnal Informatika Polinema, 4(4), 290. https://doi.org/10.33795/jip.v4i4.222
Kurniawardhani, A., Suciati, N., & Arieshanti, I. (2014). KLASIFIKASI CITRA BATIK MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI CIRI YANG INVARIANT TERHADAP ROTASI. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 12(2), 48. https://doi.org/10.12962/j24068535.v12i2.a322
Lewis, J. R. (1995). IBM computer usability satisfaction questionnaires: Psychometric evaluation and instructions for use. International Journal of Human-Computer Interaction, 7(1), 57–78. https://doi.org/10.1080/10447319509526110
Maksimovic, Z. (2017). MongoDB 3 Succinctly. Syncfusion.
Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1, 31–36.
Nugraha, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Behavioral Intention untuk Mengadopsi Media Sosial sebagai Tempat Belanja Online. Jurnal Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung, 11, 26–27.
Prahardis, R., Syauqy, D., & Akbar, S. R. (2018). Implementasi Sistem Monitoring Polusi Udara Berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara Dengan Pemodelan Finite State Machine. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2 No 9.
Saputra, S. A., Haryanto, H., & Dolphina, E. (2019). Skenario Dinamis Menggunakan Finite State Machine pada Game Pengenalan Tempat dan Peristiwa Bersejarah. Eksplora Informatika, 8(2), 112–121. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.155
Setiawan, I. (2006). Perancangan Software Embedded System Berbasis FSM. Jurnal Teknik Elektro, 1–2.
Subramanian, H., & Raj, P. (2019). Hands-On RESTful API Design Patterns and Best Practices: Design, develop, and deploy highly adaptable, scalable, and secure RESTful web APIs. Pact.
Wilson, E., & Koroliova, I. (2018). MERN Quick Start Guide: Build web applications with MongoDB, Express.js, React, and Node. Pact.
How to Cite
Pribadi, F. A., Firdausi, A. T., & Arhandi , P. P. (2023). Finite State Machine in Chatbot Line E-Commerce Design Using NodeJs MongoDb and Express. Jurnal Informatika Polinema, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.33795/jip.v10i1.1501

Most read articles by the same author(s)