Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Huruf Alfabet Untuk Taman Kanak-Kanak

  • Daffa Rifky Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Cepi Ramdani
  • Gita Fadila Fitriana

Abstract

Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses tumbuh kembang yang sangat pesat, rentang anak usia dini antara 0-6 tahun. Dikatakan bahwa anak usia dini berada pada masa lima tahun pertama yang disebut The Golden Age. Pendidikan di Indonesia dimulai dari jenjang usia dini, hal ini diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 yang mengatur tantang pendidikan dasar. Taman kanak-kanak (TK) adalah kelanjutan dari Pendidikan anak usia dini yang merupakan Pendidikan pra sekolah berfokus pada Pendidikan pengetahuan dan praktik ibadah, salah satu meteri yang diajarkan pada TK adalah pengenalan huruf. Proses pembelajaran pengenalan huruf pada jenjang TK sejatinya masih belum maksimal, hal ini karena beberapa anak masih sulit untuk berkonsentrasi dan pola fikir mereka yang masih dalam tahap bermain. Oleh karena itu akan dibagun sebuah aplikasi pengenalan huruf alfabet menggunakan Augmented Reality. Aplikasi dibuat menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode yang didalamnya terdapat sebuah alur atau proses seperti konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi ini juga akan diuji fungsionalitasnya dengan menggunakan black box testing dan usability dengan menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian fungsionalitas menunjukan hasil yang baik, dimana semua tombol pada aplikasi berjalan dengan semestinya dan untuk hasil yang di peroleh dari pengujian SUS mendapatkan nilai rata-rata 85,42, dengan nilai tersebut mendapatkan Grade B/Exellent.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107192019
A.Rizaldy Muqorrobin, Ir. Ely Rosely, M.B.S., Hanung Nindito Prasetyo, S. S., & M.T. (2020). Aplikasi Pengenalan Sistem Tata Surya bagi Siswa Dasar Kelas 6 Menggunakan Augmented Reality. 6(2), 3061–3071.
Atina, V., Nurchim, N., & Yudha, Y. A. (2020). Penerapan Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Digital di Taman Kanak-Kanak. Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 172. https://doi.org/10.30659/ijocs.2.2.172-180
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Hawari, N. A., & Putra, E. D. (2022). Analisis Perbandingan Metode Multimedia Development Live Cycle Pada Augmented Reality. 18(1), 48–55.
Huda, N. (n.d.). Implementasi Metode Testing Usability Dengan Siystem Usability Scale Pada RS Siloam Palembang. www.siloamhospitals.com
Meilin Mongilala, M., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (n.d.). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Satwa Sulawesi Utara Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 14(4).
Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(2), 86. https://doi.org/10.26623/transformatika.v14i2.442
Nurdin, N., & Anhusadar, L. O. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 982. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.485



Nurlaili, N. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518
Putri, A. F. I. (2019). Pengembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun melalui permainan melempar dan menangkap bola di taman kanak-kanak para bintang kecamatan kota baru jambi. UIN Sutha Jambi, 77.
Rinaldi Arif, & Subandi Husein. (2021). Augmented Reality dalam Mendeteksi Produk Rotan menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem) , 6(p-ISSN: 2548-6985, e-ISSN:2599-3089), 135–141. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/
Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 206–212. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i3.50
Sinduningrum, E., Rosalina, R., & Hilda, A. M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Media Pengenalan Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA, 8(1), 142. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3151
Sumendap, I. Y., Tulenan, V., Diane, S., & Paturusi, E. (2019). Pembuatan Animasi 3 Dimensi Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Studi Kasus : Tarian Dana Dana Daerah Gorontalo). Pembuatan Animasi 3 Dimensi Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Studi Kasus : Tarian Dana Dana Daerah Gorontalo), 14(2), 227–234. https://doi.org/10.35793/jti.14.2.2019.23998
How to Cite
Rifky, D., Cepi Ramdani, & Gita Fadila Fitriana. (2023). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Huruf Alfabet Untuk Taman Kanak-Kanak. Jurnal Informatika Polinema, 10(1), 11-18. https://doi.org/10.33795/jip.v10i1.1496