Jurnal Informatika Polinema http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip <h2>JIP (Jurnal Informatika Polinema)</h2> <p>JIP (Jurnal Informatika Polinema) intended as a means for researchers, academics, and practitioners to publish the latest research results or findings, concepts and ideas regarding Information Technology Application Development. JIP is currently accredited to SINTA 4 with decree <a href="http://arjuna.ristekdikti.go.id/files/berita/Pemberitahuan_Hasil_Akreditasi_Jurnal_Ilmiah_Periode_V_Tahun_2019.pdf" target="blank">SK Kemenristekdikti Nomor 28/E/KPT/2019</a> and indexed internationally by Google Scholar, Dimensions, BASE and Crossref. This journal is published 4 times a year, month of publication of the article: No. 1. November, No. 2. February, No. 3. May, No. 4. August. Articles published through a single blind review process and plagiarism checker (maximum similarity limit 20%). This journal uses the Digital Archieving Policy: Public Knowledge Project Preservation Network (PKP PN).</p> <p><strong>ISSN: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2614-6371">2614-6371</a> | E-ISSN: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2407-070X">2407-070X</a></strong><br><strong>DOI: <a href="https://doi.org/10.33795/jip">https://doi.org/10.33795/jip</a> (Crossref)</strong></p> en-US <p>Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the&nbsp;<strong>International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.</strong></p> jip@polinema.ac.id (Arie Rachmad Syulistyo) jip@polinema.ac.id (administrator) Thu, 30 Nov 2023 13:34:42 +0000 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Finite State Machine in Chatbot Line E-Commerce Design Using NodeJs MongoDb and Express http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1501 <p>Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi informasi mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku pengguna di internet. Saat ini media sosial mengambil peranan penting dalam pemasaran dan penjualan. Salah satu sosial media yang populer di indonesia adalah line messenger. Line memiliki fitur chatbot yang memungkinkan untuk membuat chat berbasis bot yang dapat dijalankan pada aplikasi line messenger. Namun terdapat kekurangan pada chatbot yaitu manajemen menu dan fungsi yang ditampilkan ke user tidak termanajemen dengan baik. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan finite state machine. Metode finite state machine digunakan untuk menentukan alur pengguna saat memilih menu yang tampil pada chatbot. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun chatbot yang akan dimanfaatkan untuk penjualan dan pembelian serta menerapkan metode finite state machine untuk manajemen menu yang ditampilkan pada chatbot. Model pengembangan Software development life cycle (SDLC) yang digunakan adalah model Rapid Application Development (RAD). RAD memiliki beberapa tahapan yaitu analisa (analysis), perancangan (design), implementasi (implementation), pengujian (testing), pemeliharaan (maintenance). Pada penelitian ini dilakukan dua jenis pengujian, yang pertama pengujian finite state, pengujian dilakukan dengan melakukan input terhadap state chatbot dan membandingkan response chatbot dengan hasil yang diharapkan. Yang kedua Usability Testing yaitu pengujian dilakukan menggunakan kuisoner Computer System Usability Questionnaire (CSUQ). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa 87% pengguna dapat dengan mudah untuk menggunakan sistem chatbot yang digunakan untuk penjualan dan pembelian serta metode finite state machine dapat menampilkan menu sesuai state yang ditentukan.</p> Farid Angga Pribadi, Annisa Taufika Firdausi, Putra Prima Arhandi Copyright (c) 2023 Farid Angga Pribadi, Annisa Taufika Firdausi, Putra Prima Arhandi https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1501 Thu, 23 Nov 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Huruf Alfabet Untuk Taman Kanak-Kanak http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1496 <p>Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses tumbuh kembang yang sangat pesat, rentang anak usia dini antara 0-6 tahun. Dikatakan bahwa anak usia dini berada pada masa lima tahun pertama yang disebut <em>The Golden Age. </em>Pendidikan di Indonesia dimulai dari jenjang usia dini, hal ini diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 yang mengatur tantang pendidikan dasar. Taman kanak-kanak (TK) adalah kelanjutan dari Pendidikan anak usia dini yang merupakan Pendidikan pra sekolah berfokus pada Pendidikan pengetahuan dan praktik ibadah, salah satu meteri yang diajarkan pada TK adalah pengenalan huruf. Proses pembelajaran pengenalan huruf pada jenjang TK sejatinya masih belum maksimal, hal ini karena beberapa anak masih sulit untuk berkonsentrasi dan pola fikir mereka yang masih dalam tahap bermain. Oleh karena itu akan dibagun sebuah aplikasi pengenalan huruf alfabet menggunakan <em>Augmented Reality. </em>Aplikasi dibuat menggunakan metode <em>Multimedia Development Life Cycle</em> (MDLC). Metode yang didalamnya terdapat sebuah alur atau proses seperti konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi ini juga akan diuji fungsionalitasnya dengan menggunakan <em>black box testing </em>dan <em>usability</em> dengan menggunakan <em>System Usability Scale </em>(SUS). Hasil pengujian fungsionalitas menunjukan hasil yang baik, dimana semua tombol pada aplikasi berjalan dengan semestinya dan untuk hasil yang di peroleh dari pengujian SUS mendapatkan nilai rata-rata 85,42, dengan nilai tersebut mendapatkan <em>Grade</em> B/<em>Exellent.</em></p> Daffa Rifky, Cepi Ramdani, Gita Fadila Fitriana Copyright (c) 2023 Daffa Rifky, Cepi Ramdani, Gita Fadila Fitriana https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1496 Thu, 23 Nov 2023 06:54:44 +0000 DESIGN OF PRODUCTION MACHINE MONITORING APPLICATION USING THE PIECES METHOD http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1351 <p><em>This study presents the development of a production machine monitoring application using the PIECES method (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, and Service). The main goal is to improve the reliability, performance, and security of the system, while considering economic variables to provide cost-effective solutions for the company. The system is designed with proper control and security measures to prevent unauthorized access and ensure system integrity. System performance is optimized, resulting in better efficiency in the production process. The implementation of the PIECES method produces a reliable system, enabling faster and more accurate decision-making. This study demonstrates that the PIECES method is an effective approach to developing and implementing production machine monitoring systems.</em></p> Ilham Ibrahim Ibrahim, Kadek Suarjuna Batubulan, Dika Rizky Yunianto Copyright (c) http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1351 Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0000 PENERAPAN SMOTE-NCL UNTUK MENGATASI KETIDAKSEIMBANGAN KELAS PADA KLASIFIKASI PENYAKIT JANTUNG KORONER http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1394 <p>Penyakit jantung koroner (PJK) terjadi akibat penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah jantung karena adanya endapan lemak dan kolesterol sehingga mengakibatkan suplai darah ke jantung menjadi terganggu. PJK masih merupakan masalah kesehatan yang penting dan berdampak secara sosioekonomi karena biaya obat-obatan yang cukup mahal dan lamanya waktu perawatan serta pengobatannya. Upaya pencegahan melalui deteksi dini dan upaya pengendaliannya sangat penting untuk dilakukan. Salah satu cara untuk mendeteksi penyakit jantung koroner dengan memanfaatkan teknologi komputasi, yaitu melakukan klasifikasi menggunakan algoritma tertentu. Pada penelitian ini dilakukan klasifikasi dengan menggunakan algoritma <em>Support Vector Machine </em>(SVM) serta penanganan ketidakseimbangan data menggunakan SMOTE dan SMOTE-NCL. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data <em>Coronary Heart Disease</em> yang memiliki dua buah kelas, yaitu kelas 0 (negatif PJK) dan kelas 1 (positif PJK) dengan permasalahan data yang tidak seimbang. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan kinerja dari klasifikasi SVM tanpa dilakukan penyeimbangan data, klasifikasi SVM dengan penyeimbangan data SMOTE, dan kalsifikasi SVM dengan penyeimbangan data SMOTE-NCL. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pada klasifikasi SVM dengan penyeimbangan data SMOTE-NCL menghasilkan kinerja terbaik jika dibandingkan dengan model klasifikasi lain dengan nilai akurasi sebesar 85,10%.</p> Mariana Dewi, Triando Hamonangan Saragih, Rudy Herteno Copyright (c) 2023 Mariana Dewi, Triando Hamonangan Saragih, Rudy Herteno https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1394 Wed, 29 Nov 2023 05:41:51 +0000 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN HARGA BAHAN POKOK MENGGUNAKAN REGRESI LINIERi http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1421 <p><em>The Kediri City Government has provided an application that can provide updates on the prices of necessities in traditional markets everyday. This is useful for the community to get updates on the latest prices of necessities needed. After getting the price of the necessities needed at each market, the community is still doing calculations to get the cheapest transportation costs based on the location to the market. This makes it difficult for the community because people have to do calculations to compare the cost of obtaining necessities based on price updates on the application and manual calculations for transportation costs that can be measured by distance. Website-based application development is equipped with a Decision Support System that can provide recommendations for obtaining basic commodities at the lowest cost that takes into account two variables, namely distance and prices of necessities. The use of the linear regression method is needed to get the lowest value of the two variables whose coefficients have been determined, namely 70 percent &nbsp;for distance and 30 percent for price.</em></p> Ratna Widyastuti Widyastuti Copyright (c) 2023 Ratna Widyastuti Widyastuti https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1421 Wed, 29 Nov 2023 06:05:16 +0000 KLASIFIKASI BUAH DAN SAYUR MENGGUNAKAN FITUR EKSTRAKSI HOG DAN METODE KNN http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1433 <p><em>Abstract - Fruits come from plant pistils and tend to have seeds, while vegetables can come from nuts, leaves, or grains that can be cooked. There is a great variety in shape, color, and texture of fruits and vegetables, but it is sometimes difficult to tell the difference between types that share these similarities. Therefore, a system is needed to help classify fruits and vegetables more easily. In this study, the types of fruits and vegetables were classified based on the extraction results from the Histogram Oriented of Gradient. The method used in this study is the Histogram Oriented of Gradient (HOG) and K-Nearest Neighbor (K-NN). The HOG process is used for feature extraction, namely to obtain the characteristics of fruits and vegetables, while the K-NN is used for the image classification process. Each training image and test image weight values ​​will be compared by minimizing the Euclidean value. Research with this method gives test results with an accuracy rate of 76.54% for fruits, while the test results for vegetables give an accuracy value of 71.22%.</em></p> Firnanda Al-Islama Achyunda Putra Putra, Aditya Galih Sulaksono Sulaksono ; Listanto Tri Utomo Utomo; Ahmad Rizal Khamdani Khamdani Copyright (c) 2023 Firnanda Al-Islama Achyunda Putra Putra, Aditya Galih Sulaksono Sulaksono ; Listanto Tri Utomo Utomo; Ahmad Rizal Khamdani Khamdani https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1433 Thu, 30 Nov 2023 01:56:08 +0000 MENGANALISIS POLA DEFORESTASI HUTAN LINDUNG DI SULAWESI TENGGARA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1455 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola deforestasi di wilayah hutan lindung di Sulawesi Tenggara menggunakan metode fuzzy k-means. Hutan di Indonesia diakui sebagai salah satu paru-paru dunia yang memberikan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Namun, deforestasi terus terjadi di berbagai wilayah, termasuk di Sulawesi Tenggara. Metode fuzzy k-means digunakan dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi pola-pola deforestasi yang kompleks dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi deforestasi di wilayah tersebut. Data tentang luas hutan lindung, data historis tentang deforestasi, dan faktor-faktor lain yang berpotensi mempengaruhi deforestasi dikumpulkan dan dianalisis. Hasil dari metode fuzzy k-means menunjukkan adanya pemisahan yang cukup baik antara wilayah hutan lindung yang rentan terhadap deforestasi dan wilayah yang memiliki potensi deforestasi yang rendah. Nilai pembobotan yang diberikan pada setiap wilayah menggambarkan tingkat kemungkinan deforestasi. Evaluasi menggunakan metrik seperti <em>Silhouette Coefficient, Davies-Bouldin Index,</em> dan <em>Calinski-Harabasz Index</em> menunjukkan bahwa klasterisasi yang dilakukan memiliki pemisahan yang baik antara klaster dengan penyebaran dan ukuran klaster yang kompak. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang tingkat deforestasi di wilayah hutan lindung di Sulawesi Tenggara dan memberikan dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih efektif dalam pengelolaan hutan lindung. Namun, hasil penelitian ini juga menekankan perlunya peningkatan pemantauan, perlindungan dan pengelolaan berkelanjutan, partisipasi masyarakat, kolaborasi antara pemangku kepentingan, serta penelitian lanjutan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang deforestasi di wilayah ini.</p> Wa Ode Ika Febryanti, Sri Adiningsi, Rizal Adi Saputra Copyright (c) 2023 Wa Ode Ika Febryanti, Sri Adiningsi, Rizal Adi Saputra https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1455 Thu, 30 Nov 2023 02:14:11 +0000 SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN BUNCIS DI KELOMPOK TANI DABALULIK DESA KABUNA BERBASIS WEB http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1470 <p>Hasil produksi tanaman buncis di Kelompok Tani Dabalulik Desa Kabuna kurang stabil selama periode 2017 – 2021. Hal ini disebabkan oleh berbagai penyakit yang sering menyerang tanaman buncis yakni Layu, Bercak Daun, Busuk Lunak, Karat,Ujung Keriting. Dari permasalahan yang ada maka perlu untuk membangun sebuah aplikasi sistem pakar diagnosa tanaman buncis di Kelompok Tani Dabalulik Desa Kabuna berbasis <em>web</em> yang dapat membantu petani mendiagnosis penyakit pada tanaman buncis. Metode yang digunakan adalah metode <em>Forward Chaining,</em> metode ini dapat bekerja untuk mendapat solusi yang mengikuti fakta. Membangun suatu aplikasi menggunakan bahasa pemrograman <em>PHP</em> dan <em>Database MySql.</em> Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem aplikasi adalah metode <em>Expert System Life Cycle</em> yang merupakan salah satu metode dalam&nbsp;&nbsp; sistem pakar yang dihasilkan dapat membantu para petani mendiagnosa penyakit pada tanaman buncis dan memberikan informasi mengenai penyakit dan gejala – gejala pada buncis agar terhindar dari penyakit tanpa harus menunggu datangnya pakar. Aplikasi konsultasi berbasis <em>web</em> ini mampu mendiagnosa penyakit pada buncis serta memberikan solusi untuk menangani penyakit yang sering terjadi pada tanaman buncis yang pada akhirnya dapat mengurangi penyakit pada tanaman buncis yang sering terjadi di Kelompok Tani Dabalulik Desa Kabuna.</p> yeremias lelo, Sisilia Daeng Bakka Mau, Alfry Aristo Jansen Sinlae Copyright (c) 2023 yeremias lelo, Sisilia Daeng Bakka Mau, Alfry Aristo Jansen Sinlae https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1470 Thu, 30 Nov 2023 02:27:57 +0000 ANALISIS KUALITAS PELAYANAN AKSES INFORMASI E-HEALTH MENGGUNAKAN METODE E-GOVQUAL http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1478 <p>Health services for the community, especially the underprivileged population in Surabaya City, still face challenges that have not been fully addressed. These challenges include accessing health service information through the operation of e-health by the public. The E-Health program is introduced as a solution to address healthcare service issues. However, evaluating the effectiveness of this program is necessary to determine the extent to which the public's expectations have been met. This research employs the E-GovQual method to analyze the effectiveness of E-Government implementation across several dimensions, namely efficiency, trust, reliability, and citizen support. The aim of this study is to assess user satisfaction levels with the e-health platform provided by the Surabaya government and enhance public participation in evaluating the e-health program based on measurements provided by the e-govqual method. The evaluation was conducted on the E-Health services provided by the Surabaya City Government by distributing questionnaires to eligible respondents. The research findings indicate that the implementation of E-Health in Surabaya City is deemed effective based on the utilization of the E-GovQual method. Overall, this study shows that the E-Health program provided by the city government of Surabaya has positively impacted improving healthcare services to underserved communities in the region, aligning with the e-govqual measurements. The results of this research are expected to serve as a foundation for the development of similar programs in other areas and enhance the overall quality of healthcare services.</p> andriyan jatmiko, Gissela Maristella Legong Copyright (c) 2023 andriyan jatmiko, Gissela Maristella Legong https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1478 Thu, 30 Nov 2023 02:36:32 +0000 GAME PEMBELAJARAN HURUF JEPANG MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1480 <p><em>The rapid advancement of technology in the present time has a significant impact on the effectiveness, progress, and practicality for students in learning a new language. In this case study, Shimeta Education Center Palembang, which includes Japanese as one of its subjects, currently lacks software that can enhance the students' effectiveness in memorizing Japanese characters. It would be beneficial to have a method that can help the students at this educational institution remember the characters in an enjoyable and effective manner. Hence, a game has been developed to assist the students in memorizing these Japanese characters in an engaging and effective way. The game implements a Fisher-Yates shuffle algorithm to randomize the questions, ensuring that the game presents a challenge by constantly changing the questions. The conclusion of this research is that the game has been successfully built using Unity3D, and the Fisher-Yates shuffle algorithm has been successfully implemented in the game. Additionally, 96.7% of the respondents expressed satisfaction after playing this game.</em></p> vincent marcellio marcellio, Latius Hermawan Copyright (c) 2023 vincent marcellio marcellio, Latius Hermawan https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1480 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTATION OF AES-128 BIT ENCRYPTION ALGORITHM ON RFID DATA ON 802.11n and 802.11ac NETWORKS USING MQTT-BASED REMOTE MONITORING http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1494 <p>Message Queue Telemetry Transport or commonly called MQTT is a protocol for communication that is machine to machine or M2M and works on the seventh layer or application and is a lightweight message. The MQTT protocol by default only has an authentication mechanism, by default it is still unencrypted. Then a research on the implementation of the AES-128 bit encryption algorithm with an mqtt-based 802.11n connection was carried out on an automatic door RFID lock system with remote monitoring. In this study, the reading of the RFID sensor was carried out using scenarios with encryption and without encryption with 50 data transmissions. The hardware used in this research is the NodeMCU ESP8266 microcontroller, 5V adapter, and MFRC522 sensor which is implemented on Tp-link Archer C54 and Tp-link TL-MR100. The aim of this study was to determine the effect of the AES encryption process of 128-bit RFID data on the NodeMCU microcontroller via the MQTT protocol using the 802.11n Archer network and the 802.11n MR100 network on RAM usage, delay and throughput. In the RAM usage parameter, the 802.11n Archer router type, the encryption scenario results in an average remaining RAM of 18,829 KB. While the scenario without encryption is 23.225 KB. The router type is 802.11n MR100, the encryption scenario produces an average remaining RAM of 18,828 KB. While the scenario without encryption is 23.287 KB. There was an increase in the use of 32 KB of RAM from the use without encryption and encryption, namely on the 802.11n Archer router 23%, while on the 802.11n MR100 router it was 24%. In the delay parameter, the 802.11n Archer router type, encryption data transfer has an average delay of 137.79 ms. Meanwhile, data transfer without encryption is 128.08 ms. Router type 802.11n MR100, encrypted data transfer has an average delay of 145.71 ms. Meanwhile, data transfer without encryption is 126.45 ms. There was an increase in delay from using without encryption and encryption, namely on the 802.11n Archer router 8%, while on the 802.11 MR100 router it was 15%. In the throughput size parameter, the 802.11n Archer router type, the encryption scenario has a throughput of 1.659 KB/s while without encryption it is 0.491 KB/s. Type 802.11n MR100, the encryption scenario has a throughput of 1.586 KB/s while without encryption it is 0.513 KB/s. There is an increase in throughput from using both unencrypted and encrypted.</p> M. Apriannur, Dodon Turianto Nugrahadi, Andi Farmadi, Muhammad Itqan Mazdadi, Fatma Indriani Copyright (c) 2023 M. Apriannur, Dodon Turianto Nugrahadi, Andi Farmadi, Muhammad Itqan Mazdadi, Fatma Indriani https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1494 Thu, 30 Nov 2023 03:10:27 +0000 WEB MAP SERVICES (WMS) DATA GEOSPASIAL BATAS ADMINISTRASI KELURAHAN INDIKATIF KOTA PONTIANAK http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1495 <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Penelitian ini membahas tentang pentingnya pembuatan <em>Web Map Service </em>(WMS) untuk data geospasial batas administrasi kelurahan indikatif di Kota Pontianak. Dalam rangka mengatasi kebutuhan akan akses informasi geospasial yang rumit, Pusat Studi Pengembangan Informasi Geospasial (PSPIG) sebagai pusat studi dalam pengembangan data geospasial membutuhkan pemisahan data kecamatan dan kelurahan, serta pembuatan layanan WMS. Tujuan utama dari penelitian ini yang berlangsung di PSPIG untuk memudahkan pendataan batas administrasi kelurahan indikatif kota pontianak, pelaksanaan kegiatan, dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan keruangan di kota pontianak tersebut. Diharapkan bahwa dengan adanya layanan WMS yang disediakan oleh PSPIG melalui penelitian ini, kegiatan pendataan dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan keruangan di Kota Pontianak akan menjadi lebih informatif.</p> Fauzan Asrin Copyright (c) 2023 Fauzan Asrin https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1495 Thu, 30 Nov 2023 03:52:11 +0000 IMPLEMENTASI DIGITAL SIGNATURE PADA LAPORAN TUGAS AKHIR http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1323 <p>Salah satu implementasi algoritma kriptografi asimetri adalah digital signature. Tujuan dari skema digital signature adalah untuk menggantikan tanda tangan manual dengan cara mengenkripsi message digest dari dokumen yang ditandatangani menggunakan kunci privat pengirim. Akibatnya, integritas dari dokumen menjadi terjamin karena perubahan satu bit saja oleh pihak yang tidak berwenang dapat dideteksi. Pada dokumen laporan Tugas Akhir di Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Bandung (JTK POLBAN), terdapat Lembar Pengesahan yang perlu ditandatangani oleh berbagai pihak. Pada sistem yang berjalan, proses tanda tangan dilakukan dengan cara menyisipkan citra tanda tangan. Tentunya, cara tersebut tidak aman dan rawan disalahgunakan. Selain itu, proses pengiriman dokumen digital melalui internet sangat rentan terhadap kemungkinan modifikasi sehingga sulit untuk membuktikan keaslian dokumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengajukan skema <em>digital signature</em> dengan menggunakan RSA dan MD5. Kompleksitas pada penelitian ini adalah bagaimana menerapkan metode <em>digital signature </em>konvensional yang terdiri dari dua pihak yaitu penandatangan dan penerima sedemikian hingga dapat diterapkan pada banyak pihak yang menandatangani dokumen yang sama. Dari hasil percobaan, metode yang diusulkan dapat menyelesaikan semua skenario pengujian dengan baik sehingga manipulasi dokumen dan penyalahgunaan tanda tangan pihak-pihak yang terlibat dapat dihindari.</p> Aprianti Nanda Sari, Didik Suwito Pribadi, Trisna Gelar, Athiyya Rahmawati; Nandhifa Azzahra; Hilmy Oktoharitsa Copyright (c) 2023 Aprianti Nanda Sari, Didik Suwito Pribadi, Trisna Gelar, Athiyya Rahmawati; Nandhifa Azzahra; Hilmy Oktoharitsa https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1323 Thu, 30 Nov 2023 04:10:07 +0000 PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY MARKETING (ARM) MENGGUNAKAN ALGORITMA FAST CORNER SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK FURNITURE PELAKU USAHA http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1516 <p><em>Augmented Reality marketing (ARM) merupakan teknologi yang mengkombinasikan benda maya baik itu berbentuk 2 dimensi( 2D) atau 3 dimensi( 3D) ke dalam suatu area jelas dalam penggunaan penjualan produk. Aplikasi Augmented Reality( AR) ini dibuat memanfaatkan penanda (marker) sebagai pemicu (trigger) guna menunjukkan produk furniture. Aplikasi yang dipakai untuk pembuatan aplikasi ialah Unity dengan Vuforia serta untuk objek 3D memakai aplikasi Blender. Metode yang akan diterapkan berupa metode waterfall dalam pengembangan Aplikasi Furniture ARM peningkatan dengan algoritma fast corner dengan menggunakan nilai pixel pada objek menampilkan produk Furniture dalam wujud 3D. Pada prosedur scan AR jarak minimun marker dengan kamera ponsel pintar ialah 10 centimeter serta maksimum 160 centimeter, dengan sudut kemiringan 30, 45, 60, serta 90 bagian. Hasil pengetesan itu pula dipengaruhi oleh algoritma fast corner dengan menggunakan nilai pixel pada objek, semakin jauh jarak kamera ataupun pixel pada kamera, hingga nilai pixel itu tidak terdeteksi serta objek tidak bisa terdeteksi. Intensitas sinar pula mempengaruhi dalam cara scan AR, pada ruangan terang serta redup aplikasi bisa menunjukkan produk furniture, sebaliknya pada ruangan gelap tidak bisa diperlihatkan. Nilai delay amat mempengaruhi kepada Intensitas sinar serta jarak, dimana diperoleh angka delay terkecil pada ruangan cerah serta delay terbesar pada ruangan redup, setelah itu semakin jauh jarak antara marker dengan ponsel pintar hingga semakin besar angka delaynya. Dengan memakai pengujian Mean Opinion Score, diharapkan didapat hasil angka MOS terbaik, Furniture 3D yang diperlihatkan serta Aplikasi Furniture AR amat sesuai selaku alat promosi produk furniture, menunjang para pelaku usaha di kota manado dalam memudahkan promosi hasil produksi.</em></p> ade yusupa Copyright (c) 2023 ade yusupa https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1516 Thu, 30 Nov 2023 04:22:51 +0000 SISTEM MONITORING KELEMBABAN TANAH DENGAN SENSOR SOIL MOISTURE BERBASIS INTERNET OF THINGS http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1536 <p>Kondisi tanah daerah wajik cepat kering apabila tidak mendapat air yang cukup karena lahan yang bersifat terbuka maka diperlukan pemantauan secara berkala terhadap tanah untuk mendapat hasil panen yang maksimal. Penelitian ini&nbsp; bertujuan untuk membuat dan merancang sistem monitoring&nbsp; kelembaban tanah dengan sensor soil moisture berbasis website dan melakukan proses monitoring berdasarkan hasil sensor soil moisture. Metode yang digunakan merupakan metode rule base yaitu metode yang menggunakan rules sebagai representasi pengetahuan untuk diimplementasikan ke dalam suatu sistem yang dirancang, implementasi rule base diterapkan pada kondisi nilai sensor soil moisture untuk membaca kondisi kelembaban tanah. Hasil penelitian berupa sistem monitoring kelembaban tanah dengan pembacaan sensor soil moisture yang ditampilkan secara real time pada website dan notifikasi telegram dengan akurasi hasil yang bisa digunakan untuk memantau kondisi kelembaban tanah pada lahan untuk memperoleh hasil panen yang maksimal.</p> Faisal Mahfud Copyright (c) 2023 Faisal Mahfud https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1536 Thu, 30 Nov 2023 04:41:04 +0000 SISTEM PENDUKUNG PENGAMBIL KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA LAZISMU DENGAN METODE MAUT http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1543 <p><em>Decision support system for scholarship recipient selection at Universitas Muhammadiyah Lamongan, through LAZISMU (Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sadaqah Muhammadiyah), using Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) method. The MAUT method considers subjective preferences and attribute weights in multi-criteria decision making. The system calculates the total utility score for each prospective scholarship recipient by using the attribute weights and attribute values given. This study sampled data from 18 students and used five selection criteria. The five criteria include test scores (weight 0.15), scholarship type (weight 0.4), GPA value (weight 0.2), contribution of Muhammadiyah institutions (weight 0.15), and organization (weight 0.1). The calculation results using the MAUT method show that this system succeeded in providing the highest utility value of 0.9667 and the lowest of 0.2333. This system helps LAZISMU in selecting scholarship candidates efficiently and objectively, so that scholarship candidates with the highest utility score can be recommended as scholarship recipients.</em></p> M. Hildan Bahruddin, Bagus Dwi Saputra, Eko Handoyo Copyright (c) 2023 M. Hildan Bahruddin, Bagus Dwi Saputra, Eko Handoyo https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1543 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN DOOR LOCK SYSTEM MENGGUNAKAN FINGERPRINT MOBILE http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/921 <p>Sistem penguncian saat ini masih banyak yang menggunakan sistem konvensional yang sangat rentan terhadap tindakan duplikasi dan juga kehilangan serta sering juga terjadi kelalaian saat meninggalkan rumah dalam keadaan tidak terkunci. Sehingga dibutuhkan pemanfaatan teknologi yang dapat digunakan untuk melakukan monitoring dan pengendalian dari jarak jauh secara <em>realtime</em>. Teknologi <em>Internet of Things</em> (IoT) merupakan konsep yang bertujuan setiap perangkat dapat saling terhubung secara terus-menerus melalui internet. Selain pemanfaatan IoT, dibutuhkan juga sensor <em>fingerprint</em> pada perangkat <em>mobile</em> untuk meningkatkan keamanan pada saat melakukan pengendalian. Penelitian ini menggunakan metode <em>waterfall</em> sebagai prosedur penelitian agar penelitian dapat terstruktur sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini dilakukan pengujian untuk mengetahui fungsional, kehandalan, dan kelayakan teknologi yang telah dirancang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu perancangan <em>hardware</em> dan juga aplikasi <em>door lock system</em> pada perangkat <em>mobile</em> yang berfungsi baik. Berdasarkan pengujian yang dilakukan diperoleh hasil pada penggunaan jaringan yang sama waktu terlama yakni 2,3 detik dan waktu tercepat yakni 1,28 detik sedangkan pada penggunaan jaringan yang berbeda diperoleh waktu terlama yakni 2,5 detik dan waktu tercepat yakni 1,45 detik. Hasil tersebut dipengaruhi oleh banyaknya penggunaan internet pada waktu tertentu. Dan diperoleh tingkat keberhasilan dan kelayakan <em>door lock system</em> secara keseluruhan melalui responden kuesioner, diperoleh hasil persentase sebesar 90,4% yang berarti sistem telah berjalan sesuai fungsi dan bekerja dengan baik.</p> Nur Fadli Alamsyah Nasir, Asriyadi, Muh. Ahyar Copyright (c) 2023 Nur Fadli Alamsyah Nasir, Asriyadi, Muh. Ahyar https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/921 Thu, 30 Nov 2023 05:02:53 +0000 PENERAPAN FUZZY K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA KUCING http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1424 <p>Kucing adalah hewan populer yang sering dijumpai dan dipelihara oleh manusia. Meskipun demikian, kucing adalah hewan yang mudah terkena serangan bakteri, virus, maupun parasit yang menjadi sumber penyakit. Salah satunya adalah penyakit kulit. Berbagai macam penyakit kulit yang menyerang kucing terdapat kemiripan gejala yang sulit diidentifikasi misalnya kerontokan bulu dan menggaruk badan. Hal tersebut mengakibatkan orang awam, khususnya pemilik kucing kesulitan dalam menentukan penyakit yang diderita hewan peliharaannya. Kekeliruan dalam penanganan atau pengobatan penyakit dapat memperparah kondisi kucing. Apabila penyakit kulit sudah menyerang 40% bagian tubuh, maka kucing dapat mengalami infeksi sekunder. Sistem pakar dapat diterapkan pada kasus ini sebagai alat bantu untuk diagnosa penyakit kulit kucing berdasarkan masukan berupa gejala-gejala oleh pemilik kucing. Metode yang digunakan adalah <em>Fuzzy K-Nearest Neighbor</em>. Sistem yang dibangun berbasis <em>website</em> menggunakan bahasa pemrograman PHP dan memanfaatkan <em>database MySQL. </em>Penelitian ini menggunakan 15 gejala dan 5 penyakit. Penelitian ini menggunakan data berjumlah 130 data latih dan 15 data uji menghasilkan tingkat akurasi sebesar 93% dan presisi yang baik karena menghasilkan diagnosa yang konsisten pada percobaan berulang.</p> Fannisa Tiara Salsabila, Khoiru Nurfitri, Yovi Litanianda Copyright (c) 2023 Fannisa Tiara Salsabila, Khoiru Nurfitri, Yovi Litanianda https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/1424 Thu, 30 Nov 2023 05:08:33 +0000