SIMULASI PERANCANGAN DENAH VIRTUAL REALITY DAN DIGITAL SIGNAGE DI MALL
Abstract
Malang Town Square (Matos) merupakan salah satu mall di Malang yang mempunyai bangunan besar, luas, dan mempunyai banyak toko di setiap lantai. Dengan banyaknya toko yang terdapat di Matos, pengunjung akan kesulitan untuk mencari toko yang akan dituju. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membuat virtual reality pada Matos dimana pengunjung seakan-akan menjelajahi Matos dengan tampilan 3-Dimensi (3D) dan dapat melakukan pencarian toko yang ingin dituju. Media promosi adalah salah satu komponen penting untuk mempromosikan suatu produk kepada konsumen. Agar membuat media promosi menjadi lebih menarik bagi konsumen, salah satu caranya adalah dengan menampilkan dengan teknologi baru yaitu digital signage. Konten pada digital signage akan diklasifikasi dan diarahkan sesuai dengan demographic audience dan dibagi menjadi 2 kategori yaitu menurut umur dan jenis kelamin pengunjung. Fitur digital signage ditampilkan dengan cara screen saver yaitu jika website tidak sedang digunakan (idle) maka digital signage akan muncul dan jika website digunakan akan menutup. 3D modelling dibuat menggunakan Google SketchUp dan Unity 3D sebagai game engine untuk membuat lingkungan virtual yang kemudian di-build ke web agar dapat dijalankan pada website dengan plugin Unity Web Player. Kemudian virtual reality akan digabung dengan hasil pembuatan website dan digital signage yang dapat dimanage oleh admin yang berguna untuk menampilkan dan mengolah data. Aplikasi ini sudah diuji cobakan pada beberapa pengguna dengan mengunggah ke web hosting. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut dapat disimpulkan bahwa website ini dinilai dengan sangat baik, desain aplikasi menarik, serta informasi yang disajikan menarik dan informatif.
Downloads
References
Afida, Rila Mawwala, Achmad Basuki, Rizky Yuniar
Hakkun. (2014): 3D Virtual Tour Situs Sejarah
Candi Jago Kabupaten Malang Berbasis
Android. Tugas Akhir. Teknik Informatika,
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
Surabaya.
Schaeffler, Jimmy. (2008): Digital Signage: Software,
Networks, Advertising, and Displays: A Primer
for Understanding the Bussiness. Focal Press,
Burlington.
Septiadi, Hendrian. (2009): Mal dan Apartemen di
Jakarta Barat. Tugas Akhir. Teknik
Arsitektur, Universitas Bina Nusantara.
Jakarta.
Suyanto, M. (2005): Multimedia Alat Untuk
Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Penerbit
Andi, Yogyakarta.
Suyanto, M. (2005): Pengantar Teknologi Informasi
Untuk Bisnis. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.