IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PERUMAHAN PATRALAND PLACE

  • Riza Ivanadi Padeka Putri Jurusan Teknologi Informsi Politeknik Negeri Malang
  • Dyah Ayu Irawati Jurusan Teknologi Informsi Politeknik Negeri Malang
  • Deddy Kusbianto Purwoko A Jurusan Teknologi Informsi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Perumahan Patraland  Place merupakan  proyek  properti  pertama  di  kota  Malang  yang  mempunyai banyak  nilai,  diantaranya  lokasi  strategis,  harga  bersaing  dan  fasilitas  lengkap.  Saat  ini  Perumahan Patraland Place menggunakan  brosur  sebagai  media  promosi,  namun  hal  tersebut  dirasa  kurang menarik  dan membosankan. Media promosi adalah salah satu komponen penting untuk mempromosikan suatu produk kepada konsumen.  Untuk  membuat  media  promosi  menjadi  lebih  menarik  dan  berbeda  bagi  konsumen,  salah  satu caranya adalah dengan menerapkan teknologi augmented reality. Augmented reality merupakan teknologi yang memungkinkan  menggabungkan  suatu  objek  3-Dimensi  (3D)  ke  lingkungan  nyata  secara  langsung  melalui sebuah  kamera.  Berdasarkan  hal  tersebut  untuk  mendukung  media  promosi  Perumahan Patraland  Place dibuatlah  sebuah  aplikasi  yang  menerapkan augmented  reality  untuk  menunjang  promosi  sehingga  lebih menarik. Konten aplikasi ini ditujukan kepada pengguna smartphone sistem operasi Android dan dari berbagai profesi  pekerjaan.  Fitur augmented  reality ditampilkan  dengan  cara  mengarahkan  kamera  ke  arah  pola  pada brosur  maka  akan  muncul  denah  perumahan  dengan  tampilan  3D  dan  terdapat button untuk  menampilkan informasi dari masing-masing tipe rumah. Untuk menuju virtual tour terdapat button virtual untuk menjelajahi dalam rumah sehingga membantu tanpa harus datang ke lokasi. 3D modelling dibuat menggunakan Google SketchUp, Vuforia dan Unity 3D sebagai game engine dalam pembuatan augmented reality dan virtual tour yang kemudian di-build menjadi apk agar dapat dijalankan pada smartphone android. Aplikasi ini sudah diujicobakan pada beberapa pengguna smartpone. Berdasarkan hasil uji coba  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  aplikasi  ini  dinilai  sangat  menarik,  desain  aplikasi  menarik  serta informasi yang disajikan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

http://patraland.blogspot.com diakses pada

tanggal 19 Juni 2014

Binanto,Iwan. 2010. Multimedia Digital dasar

Teori + Pengembanganya. Yogyakarta. ANDI .

Fernando, Mario. 2013. Membuat Aplikasi

Android Augmented Reality. Buku AR Online

http://iwanbinanto.com/2009/01/19/metodepengembangan-multimedia/ diakses tanggal 16 Juni

http://www.maxikom.co.id/gbshow.php?id=402

diakses tanggal 22 Juni 2014

Arief Sadikin, Muhammad. 2012. Aplikasi

Brosur Promosi Penjualan Apartemen centerpoint

bekasi berbasis augmented reality.Universitas

Gunadarma.

Garsinia, Arif, Rengga. 2011. Virtual Tour

PENS-ITS. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

http://www.sketchup.com/about/sketchup-story

diakses tanggal 16 Juni 2014[9] Mario, Sigit, Kusworo. 2013. Analisis Dan

Perancangan Perangkat Lunak Pengenalan Motif

Batik Berbasis Augmented Reality. Universitas

Atma Jaya Yogyakarta.

Sherwood, C. Dan Rout. 1998. “Structured

Methodology For Multimedia Product And Systems

Development”. Australia: School of Computing and

Information Technology, Griffith University.

Andika, Diyan dan FoundaNico. 2012.

Pembuatan Virtual 3D Situs Sejarah Candi

Singosari Sebagai Media Informasi Wisata Sejarah.

Politeknik Negeri Malang.

Oktavianto, Fauzi dan Firman. 2012. Rancang

Bangun Situs Sejarah Candi Jago Menggunakan

Augmented Reality. Politeknik Negeri Malang.

Lang., Veronica, Sittler. Peter, 2012,

Augmented Reality For Real Estate, 18th Annual

Pacific-Rim Real Estate Society Conference

Adelaide, Australia, 15-18 January 2012, 1-14.

Azuma, Ronald. [1997] A Survey Of

Augmented Reality. Journal [Internet], pp. 1-52.

Tersedia dalam : <http://citeseerx.ist.psu.edu>,

diakses 15 Juni 2014.

Zaharuddin, G.Djalle. 2008. The Making of 3D

animation movie using 3D Studio Max. Bandung:

Informatika.

Santoso, Insap: Interaksi Manusia dan

Komputer edisi 2, Penerbit ANDI Offset,2009.

Fahrul, Fadilah. 2013. Augmented Reality

Untuk Mengetahui Fasilitas Umum Berbasis

Android. PTIIK Universitas Brawijaya.

http://patraland.blogspot.com/ diakses tanggal 2

Maret 2014

Rizky, Aditya. 2014. Evaluasi Metode

Pelacakan Tanpa Marker Pada Metaio Sdk Untuk

Pengembangan Aplikasi Kuis Berbasis Augmented

Reality Di Museum. Seminar Nasional Teknologi

Informasi dan Multimedia Universitas Gajahmada.

http://www.scribd.com/doc/119759658/DefinisiPerumahan-Dan-Rumah diakses tanggal 2 April

Bendert., Katier. 2011. Mobile Augmented

Reality. Master Thesis University of Amsterdam.

Simamarta, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat

Lunak. Yogyakarta . ANDI.

http://www.android.com

Ardhi, Reza. 2011. Pembuatan Katalog

Promosi Perumahan Pastika Condong Catur

Residence Yogyakarta Dengan Augmented Reality.

STMIK Amikom Yogyakarta.

How to Cite
Padeka Putri, R. I., Irawati, D. A., & Purwoko A, D. K. (2014). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PERUMAHAN PATRALAND PLACE. Jurnal Informatika Polinema, 1(1), 36. https://doi.org/10.33795/jip.v1i1.88
Section
Articles