IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PERUMAHAN PATRALAND PLACE
Abstract
Perumahan Patraland Place merupakan proyek properti pertama di kota Malang yang mempunyai banyak nilai, diantaranya lokasi strategis, harga bersaing dan fasilitas lengkap. Saat ini Perumahan Patraland Place menggunakan brosur sebagai media promosi, namun hal tersebut dirasa kurang menarik dan membosankan. Media promosi adalah salah satu komponen penting untuk mempromosikan suatu produk kepada konsumen. Untuk membuat media promosi menjadi lebih menarik dan berbeda bagi konsumen, salah satu caranya adalah dengan menerapkan teknologi augmented reality. Augmented reality merupakan teknologi yang memungkinkan menggabungkan suatu objek 3-Dimensi (3D) ke lingkungan nyata secara langsung melalui sebuah kamera. Berdasarkan hal tersebut untuk mendukung media promosi Perumahan Patraland Place dibuatlah sebuah aplikasi yang menerapkan augmented reality untuk menunjang promosi sehingga lebih menarik. Konten aplikasi ini ditujukan kepada pengguna smartphone sistem operasi Android dan dari berbagai profesi pekerjaan. Fitur augmented reality ditampilkan dengan cara mengarahkan kamera ke arah pola pada brosur maka akan muncul denah perumahan dengan tampilan 3D dan terdapat button untuk menampilkan informasi dari masing-masing tipe rumah. Untuk menuju virtual tour terdapat button virtual untuk menjelajahi dalam rumah sehingga membantu tanpa harus datang ke lokasi. 3D modelling dibuat menggunakan Google SketchUp, Vuforia dan Unity 3D sebagai game engine dalam pembuatan augmented reality dan virtual tour yang kemudian di-build menjadi apk agar dapat dijalankan pada smartphone android. Aplikasi ini sudah diujicobakan pada beberapa pengguna smartpone. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dinilai sangat menarik, desain aplikasi menarik serta informasi yang disajikan menarik.
Downloads
References
http://patraland.blogspot.com diakses pada
tanggal 19 Juni 2014
Binanto,Iwan. 2010. Multimedia Digital dasar
Teori + Pengembanganya. Yogyakarta. ANDI .
Fernando, Mario. 2013. Membuat Aplikasi
Android Augmented Reality. Buku AR Online
http://iwanbinanto.com/2009/01/19/metodepengembangan-multimedia/ diakses tanggal 16 Juni
http://www.maxikom.co.id/gbshow.php?id=402
diakses tanggal 22 Juni 2014
Arief Sadikin, Muhammad. 2012. Aplikasi
Brosur Promosi Penjualan Apartemen centerpoint
bekasi berbasis augmented reality.Universitas
Gunadarma.
Garsinia, Arif, Rengga. 2011. Virtual Tour
PENS-ITS. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
http://www.sketchup.com/about/sketchup-story
diakses tanggal 16 Juni 2014[9] Mario, Sigit, Kusworo. 2013. Analisis Dan
Perancangan Perangkat Lunak Pengenalan Motif
Batik Berbasis Augmented Reality. Universitas
Atma Jaya Yogyakarta.
Sherwood, C. Dan Rout. 1998. “Structured
Methodology For Multimedia Product And Systems
Development”. Australia: School of Computing and
Information Technology, Griffith University.
Andika, Diyan dan FoundaNico. 2012.
Pembuatan Virtual 3D Situs Sejarah Candi
Singosari Sebagai Media Informasi Wisata Sejarah.
Politeknik Negeri Malang.
Oktavianto, Fauzi dan Firman. 2012. Rancang
Bangun Situs Sejarah Candi Jago Menggunakan
Augmented Reality. Politeknik Negeri Malang.
Lang., Veronica, Sittler. Peter, 2012,
Augmented Reality For Real Estate, 18th Annual
Pacific-Rim Real Estate Society Conference
Adelaide, Australia, 15-18 January 2012, 1-14.
Azuma, Ronald. [1997] A Survey Of
Augmented Reality. Journal [Internet], pp. 1-52.
Tersedia dalam : <http://citeseerx.ist.psu.edu>,
diakses 15 Juni 2014.
Zaharuddin, G.Djalle. 2008. The Making of 3D
animation movie using 3D Studio Max. Bandung:
Informatika.
Santoso, Insap: Interaksi Manusia dan
Komputer edisi 2, Penerbit ANDI Offset,2009.
Fahrul, Fadilah. 2013. Augmented Reality
Untuk Mengetahui Fasilitas Umum Berbasis
Android. PTIIK Universitas Brawijaya.
http://patraland.blogspot.com/ diakses tanggal 2
Maret 2014
Rizky, Aditya. 2014. Evaluasi Metode
Pelacakan Tanpa Marker Pada Metaio Sdk Untuk
Pengembangan Aplikasi Kuis Berbasis Augmented
Reality Di Museum. Seminar Nasional Teknologi
Informasi dan Multimedia Universitas Gajahmada.
http://www.scribd.com/doc/119759658/DefinisiPerumahan-Dan-Rumah diakses tanggal 2 April
Bendert., Katier. 2011. Mobile Augmented
Reality. Master Thesis University of Amsterdam.
Simamarta, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat
Lunak. Yogyakarta . ANDI.
Ardhi, Reza. 2011. Pembuatan Katalog
Promosi Perumahan Pastika Condong Catur
Residence Yogyakarta Dengan Augmented Reality.
STMIK Amikom Yogyakarta.
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.