Pembuatan Game 2D Susun Terjemah Kosa Kata Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Library A* Karya Aron Granberg

  • Yusuf Ansori Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Juniardi Nur Fadila
  • Fressy Nugroho

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan banyak pengaruh di berbagai cabang. Salah satunya pada cabang game. Game merupakan salah satu bentuk kemajuan di bidang teknologi. Teknologi Game juga semakin berkembang dari masa ke masa dan semakin beragam maksud dan tujuan dalam pembuatannya. Dilihat dari sisi  jenisnya, game dapat dibedakan game 3D dan 2D. Game 2D merupakan game dengan perspektif side-view, dimana pemain hanya dapat melihat karakter hanya dari satu sisi saja. Dari satu jenis game ini, dapat dibedakan menjadi banyak genre yang mempengaruhi karakter yang ada pada game. Pada umumnya setiap game akan terasa lebih menarik dan menantang jika terdapat non player character (NPC). Agar NPC dapat berperan sebagaimana karakter utama, maka diperlukan kecerdasan buatan. Salah satu kecerdasan buatan yang dapat digunakan adalah A* pathfinding. Dengan kecerdasan tersebut, NPC dapat mencari rute tercepat untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Pemaparan metode dan penjelasan pada penelitian disajikan secara detail dan sistematis agar mudah dipahami. Pada hasil diperlihatkan NPC yang mengejar karakter utama dan tugas karakter utama adalah mengalahkan semua NPC dan menemukan setiap huruf yang tersembunya di dalam game. Algoritma A Star (A*) terbukti dapat digunakan pada NPC di game 2 dimensi sehingga NPC dapat mengikuti karakter utama dan menyerang karena NPC berperan sebagai musuh dalam game

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhir, Tugas. 2015. “Implementasi Pathfinding Algoritma A_ (Astar) Pada Game Petualangan Labirin Rahasia - PDF Download Gratis.Pdf.”
Asmiatun, Siti. 2016. “Penerapan Algoritma Collision Detection Dan Bayesian Untuk Strategi Menyerang Jarak Dekat Pada Npc (Non Player Character)Menggunakan Unity 3D.” Jurnal Transformatika 14(1): 6.
Fujiati, Bambang Soedijono W.A., and Armadiyah Amborowati. 2016. “Perancangan Pengembangan Game Ular Melawan Ulat Menggunakan Augmented Reality.” Eksplora Informatika 6(1): 1–8. https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/99/82.
Gede Wahyu Antara Dalem, Ida Bagus. 2018. “Penerapan Algoritma A* (Star) Menggunakan Graph Untuk Menghitung Jarak Terpendek.” Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer) 1(1): 41–47.
Heriyanto, Edi, Erna Kumalasarinurnawati, and Dina Andayati. 2018. “Skripsi Implementasi Kecerdasan Buatan Pada Game Menggunakan Metode Pathfinding Dengan Game Engine Unity3D.” Jurnal SCRIPT 5(2): 56–62. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/script/article/view/641.
Informatika, Jurusan Teknik, and Fakultas Teknologi Informasi. 2016. “IMPLEMENTASI AI MENGGUNAKAN LIBRARY A * PATHFINDING PROJECT OLEH ARON GRANBERG DAN TINGKAT KEBERANIAN LAWAN PADA GAME PLATFORMER ASHES OF RESURGENCE.”
Islam, Universitas, Negeri Maulana, and Malik Ibrahim. 2015. “SKRIPSI Oleh : AGUS CAHYONO.”
Kurniawan, Fachrul. 2016. “Game Bahari Menggunakan Algoritma Fisher Yates Suffle Sebagai Pengacak Posisi NPC.” Matics 7(2): 71.
M.FIRMANSYAH. 2016. “Penerapan Algoritma.” skripsi.
Maaruf, Kikik Chomsan. 2016. “KECERDASAN BUATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA A STAR ( A *) DALAM PERMAINAN ULAR TANGGA ( SNAKE 3D ).” : 6–7.
Pamungkas. dkk. 2011. “Penerapan Algoritma A* ( A Star ) Pada Game Edukasi The Maze Island Berbasis Android.” Penerapan Algoritma (x): 1–11.
Pramono, Agung Widhi. 2017. “Pembuatan Game Petualangan Si Jupri Unity 3D Dengan Menggunakan Metode A.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 1(1): 506–13.
Rangga, Ardiana, and Pradana Putra. 2013. “Mempercantik Tampilan Game 2D Menjadi 3D De Kronik Van Diponegoro Menggunakan Teknik Mode 7.” Jurnal Teknik Elektro Unnes 5(2): 102–6.
The, Kevin, Darius Andana Haris, and Viny Christanti Mawardi. 2018. “Pembuatan Game Platformer Multiplayer ‘The Constin’s Prophecy.’” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi 6(2): 135–40.
Theosaksomo, David. 2017. “Pembuatan Pathfinding Untuk Game Platformer Dengan Memanfaatkan Library A* Karya Aron Granberg Pada Unity Engine.” Institut Teknologi Bandung.
Published
2021-08-31
How to Cite
[1]
Yusuf Ansori, Juniardi Nur Fadila, and Fressy Nugroho, “Pembuatan Game 2D Susun Terjemah Kosa Kata Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Library A* Karya Aron Granberg”, JIP, vol. 7, no. 4, pp. 13-18, Aug. 2021.