Halaman PENGEMBANGAN GAME PLATFORMER 2D ATTACKING GOMI MONSTER

  • Rizqya Zakyyatul Arif Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • Mungki Astiningrum Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • DyahAyu Irawati Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Sosialisasi tentang peduli lingkungan kenyataannya sudah dilakukan oleh banyak kalangan masyarakat yang berisi himbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari dampak-dampak negatif dari lingkungan yang kotor. Game merupakan sebuah media sosialisasi peduli lingkungan untuk selalu menjaga kebersihanlingkungan. Dalamskripsi ini dikembangakan sebuah gameAttacking Gomi Monster menggunakan metode Simple Addictive Weighting (SAW). Metode SAW ini digunakan karena dianggap mampu meningkatkan kecerdasan buatan pada enemy didalam game. Metode ini juga dapatdigunakan untuk menentukan kecerdasan buatan yang terbatas pada enemy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementa simetode SAW (Simple Addictive Weighting) inipun dirasa telah dapat berjalan dengan baik dalam Game Attacking Gomi Monster. Game yang dikembangkan ini dinilai menjanjikan untuk meningkatkan kecerdasan buatan serta kesulitan dalam sebuah game. Sesuai hasil dari 20 respondengame ini memenuhi kepuasan user sebanyak 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardiansyah, Dwi Novri, dan Martin Purnansyah, Yoannita. 2015. Rancang Bangun Game Edukatif Petualangan Rumah Adat Indonesia. [Online] Tersedia: http://eprints.mdp.ac.id/1516/ , diakses pada 9 Juni 2016

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2DOC/2011-2-01153-IF%20Bab2001.doc , diakses pada 12 Juni 2016

https://brightfuture.unilever.co.id/stories/393823/Memilah-Sampah-untuk-Lingkungan-yang-Lebih-Sehat.aspx, diakses pada 12 Juni 2016

Laili, Chalimi Fithratu Al. 2015. Rancang Bangun Video Game Third Person Shooter 3D Monster Boat Attack. Malang : Politeknik Negeri Malang

Nurhayati, Nunung (2013). Pencemaran Lingkungan. Bandung: Yrama Widya

Pradana, Ria Rizqi Ani, dan Eustolia Ekkarinanda, 2013. Sistem Penjualan Online pada Eqi Bag Store. [Online] Tersedia: repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_10.02.7669,%2010.02.7694.pdf , diakses pada 13 Juni 2016 Sundoro, Radias. 2014. Implementasi Metode Simple Additive Weighting Pda Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Pondasi Dengan Simulasi Alternatif Berbasis 3D. Bengkulu : Universitas Bengkulu

Wardhana, Mitra Istiar., dkk, 2013. Kecerdasan Buatan dalam Game untuk Merespon Emosi dari Teks Berbahasa Indonesia Menggunakan Klasifikasi Teks dan Logika Fuzzy. [Onlie] Tersedia: digilib.its.ac.id/public/ITS-Master-10482-Paper.pdf, diakses pada 11 Juni 2016

Published
2017-03-15
How to Cite
[1]
R. Z. Arif, M. Astiningrum, and D. Irawati, “Halaman PENGEMBANGAN GAME PLATFORMER 2D ATTACKING GOMI MONSTER”, JIP, vol. 3, no. 2, p. 14, Mar. 2017.
Section
Articles