RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KINECT

  • Azkia Nury Farizah Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negri Malang
  • Mungki Astiningrum Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negri Malang

Abstract

Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional  yang  harus dikenalkan sejak usia dini pada anak­-anak. Pengenalan  Bahasa  Inggris  pada  anak­anak  harus  dilakukan  dengan  cara  yang  menyenangkan,  salah  satunya adalah  dengan  menggunakan  aplikasi  pembelajaran  yang  dilengkapi  dengan  permainan.  Anak­anak  pada umumnya  senang  bermain  dan  bergerak,  karena  pada  usia  anak­anak,  kemampuan  kognitif  dan  motorik berkembang secara bersamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris yang melibatkan aktivitas motorik. Aplikasi ini dijalankan dengan menggunakan sensor Kinect dan menggunakan Algoritma Fisher­Yates Shuffle untuk pengacakan soal pada permainan.Hasil pengujian yang telah dilakukan pada anak­anak sekolah dasar menunjukkan bahwa Aplikasi Pembelajaran yang melibatkan aktivitas motorik dinilai baik oleh anak-­anak dengan tingkat kepuasan hingga 80%. Dengan demikian, Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif media pengenalan Bahasa Inggris pada anak­anak dengan permainan yang melibatkan aktivitas motorik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman R., Kuswardayan I., Sunaryono D., 2012.

Integrasi Kinect dan Unreal Development Kit

Menggunakan Kerangka Kerja OpenNI Pada

Studi Kasus Game Berbasis Interaksi Gerakan

Vol 01, No 1. Surabaya: Institut Teknologi

Sepuluh November.

Consultative Group on English Education. 2009.

English Hooray! For Elementary School Students

Grade 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dewi, I., Djatmika, Priyanto, A., 2015.Active English

a Fun and Easy English Book for Grade 1 of

Elementary School. Solo: PT. Tiga Serangkai

Pustaka Mandiri.

Gustiana, Asep Deni. 2011. Pengaruh Permainan

Edukasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar

dan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jakarta:

Universitas Pendidikan Indonesia.

Haryaningtias D. 2013. Pengembangan Multimedia

Interaktif Tutorial Materi Gaya, Hukum Newton

Dan Pesawat Sederhana Menggunakan

Pendekatan Kontekstual. Lampung: Universitas

Lampung.

Indrajit, W. 2012. Rancang Bangun Sistem Motion

Capture Dan Database Motion Untuk Robot

Humanoid Dengan Perangkat Microsoft KinectBerbasis Ros (Robot Operating System). Jakarta:

Universitas Indonesia.

Khairani, Ade Irma. 2011. Pendidikan Bahasa

Inggris Untuk Anak Usia Dini. Medan:

Universitas Negeri Medan.

Mutiara, S., Kusuma P., Wibowo S., 2013.

Perancangan Dan Simulasi Permainan Penalti

Sepakbola Menggunakan Sistem Augmented

Reality Pada Kinect. Bandung: Institut Teknologi

Telkom.

Runiawati R., Kania C., Sari L., Hendrawan Y., 2013.

Perancangan Dan Implementasi Game Bergenre

Fighting Berbasis Augmented Reality

Menggunakan Motion Sensor Kinect. Jakarta:

Universitas Bina Nusantara.

Setyani F., Isnanto R., Martono K., 2013. Pengenalan

Bahasa Inggris Untuk Anak Melalui Permainan

Edukasi “The Zoo” Berbasis Kinect. Yogyakarta:

Universitas Diponegoro.

Susanto, A., Honggo, H. 2013. Perancangan Ujian

Online pada STMIK GI MDP Berbasis Web.

Palembang: STMIK GI MDP.

Wibowo, A. 2013. Teknologi Natural User Interface

Menggunakan Kinect Sebagai Pemicu Kerja

Perangkat Keras Berbasis Web. Surabaya:

Sekolah Tinggi Ilmu Komputer.

How to Cite
Farizah, A. N., & Astiningrum, M. (2016). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KINECT. Jurnal Informatika Polinema, 2(2), 55. https://doi.org/10.33795/jip.v2i2.56
Section
Articles