RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KINECT
Abstract
Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang harus dikenalkan sejak usia dini pada anak-anak. Pengenalan Bahasa Inggris pada anakanak harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pembelajaran yang dilengkapi dengan permainan. Anakanak pada umumnya senang bermain dan bergerak, karena pada usia anakanak, kemampuan kognitif dan motorik berkembang secara bersamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris yang melibatkan aktivitas motorik. Aplikasi ini dijalankan dengan menggunakan sensor Kinect dan menggunakan Algoritma FisherYates Shuffle untuk pengacakan soal pada permainan.Hasil pengujian yang telah dilakukan pada anakanak sekolah dasar menunjukkan bahwa Aplikasi Pembelajaran yang melibatkan aktivitas motorik dinilai baik oleh anak-anak dengan tingkat kepuasan hingga 80%. Dengan demikian, Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif media pengenalan Bahasa Inggris pada anakanak dengan permainan yang melibatkan aktivitas motorik
Downloads
References
Budiman R., Kuswardayan I., Sunaryono D., 2012.
Integrasi Kinect dan Unreal Development Kit
Menggunakan Kerangka Kerja OpenNI Pada
Studi Kasus Game Berbasis Interaksi Gerakan
Vol 01, No 1. Surabaya: Institut Teknologi
Sepuluh November.
Consultative Group on English Education. 2009.
English Hooray! For Elementary School Students
Grade 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dewi, I., Djatmika, Priyanto, A., 2015.Active English
a Fun and Easy English Book for Grade 1 of
Elementary School. Solo: PT. Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri.
Gustiana, Asep Deni. 2011. Pengaruh Permainan
Edukasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar
dan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jakarta:
Universitas Pendidikan Indonesia.
Haryaningtias D. 2013. Pengembangan Multimedia
Interaktif Tutorial Materi Gaya, Hukum Newton
Dan Pesawat Sederhana Menggunakan
Pendekatan Kontekstual. Lampung: Universitas
Lampung.
Indrajit, W. 2012. Rancang Bangun Sistem Motion
Capture Dan Database Motion Untuk Robot
Humanoid Dengan Perangkat Microsoft KinectBerbasis Ros (Robot Operating System). Jakarta:
Universitas Indonesia.
Khairani, Ade Irma. 2011. Pendidikan Bahasa
Inggris Untuk Anak Usia Dini. Medan:
Universitas Negeri Medan.
Mutiara, S., Kusuma P., Wibowo S., 2013.
Perancangan Dan Simulasi Permainan Penalti
Sepakbola Menggunakan Sistem Augmented
Reality Pada Kinect. Bandung: Institut Teknologi
Telkom.
Runiawati R., Kania C., Sari L., Hendrawan Y., 2013.
Perancangan Dan Implementasi Game Bergenre
Fighting Berbasis Augmented Reality
Menggunakan Motion Sensor Kinect. Jakarta:
Universitas Bina Nusantara.
Setyani F., Isnanto R., Martono K., 2013. Pengenalan
Bahasa Inggris Untuk Anak Melalui Permainan
Edukasi “The Zoo” Berbasis Kinect. Yogyakarta:
Universitas Diponegoro.
Susanto, A., Honggo, H. 2013. Perancangan Ujian
Online pada STMIK GI MDP Berbasis Web.
Palembang: STMIK GI MDP.
Wibowo, A. 2013. Teknologi Natural User Interface
Menggunakan Kinect Sebagai Pemicu Kerja
Perangkat Keras Berbasis Web. Surabaya:
Sekolah Tinggi Ilmu Komputer.
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.