Android Educational Game APPLICATION DEVELOPMENT OF BASIC SCHOOL STUDENTS FOR ENGLISH USING THE "KIDS ABC" APPLICATION

Unity3D Educational Game For Elementary School Students

  • Ryan Prabowo Zaini Universitas Islam Malang
  • Oktriza Melfazen Universitas Islam Malang
  • Mohammad Jasa Afroni University of Islamic Malang

Abstract

Penelitian ini,  membahas mengenai perancangan aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Android, penelitian ini bertujuan agar dalam mempelajari materi tersebut bisa lebih interaktif dan menarik, sekarang ini sudah banyak metode pengajaran menggunakan alat yang sudah modern, di antaranya menggunakan Android.

Android merupakan perangkat lunak yang sudah berkembang  pesat sehingga banyak orang yang bergantung pada perangkat android untuk kepentingan tertentu tidak terkecuali dengan pendidikan. Berdasarkan data riset  yang dikaji, aplikasi pembelajaran  yang akan dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak  Unity 3D,  dan aplikasi ini meliputi meliputi tombol-tombol animasi, gambar animasi, dan suara. Dari sistem yang sudah ada diterapkan  terlebih dahulu dengan hal-hal yang berkaitan dengan pembahasan materi, dengan aplikasi pembelajaran statistik, informasi atau data tentang sistem pembelajaran tersebut, kini pembahasan materi belajar Bahasa Inggris menjadi lebih menarik dan interakif karena sistem yang diterapkan adalah sistem yang berbasis Android. Pada penelitian ini menggunakan metode Research and Developement, metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.  Hasil dari penelitian ini adalah membuat aplikasi game edukasi berbasis android, mengacu pada pelajaran bahasa Inggris, dimana di dalamnya terdapat gambar hewan, tumbuhan, benda,dan terdapat juga suara yang merubah emosi pemain. Dapat disimpulkan bahwa game Edukasi Bahasa Inggris termasuk ke dalam kualitas layak dengan persentase rata-rata kelayakan sebesar 73,85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifianto, T. (2011). Pengertian Android. In Google.com.
Erri Wahyu Puspitarini, D. W. P. A. P. N. (2016). GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7
Griffiths, M. (2002). Mark Griffiths. Education and Health.
Lepper, M. R., & Malone, T. W. (1987). Intrinsic motivation and instructional effectiveness in computer-based education. Aptitude, Learning, and Instruction.
Lund, A. M. (2001). Measuring usability with the USE questionnaire. Usability Interface.
Mildawati, T. (2000). Perkembangan Teknologi Informasi Di Indonesia. Ekuitas.
Nazruddin Safaat H. (2012). Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Edisi Revisi). In Android.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. In Sinarbaru.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Published
2021-08-31
How to Cite
[1]
R. P. Zaini, Oktriza Melfazen, and Mohammad Jasa Afroni, “Android Educational Game APPLICATION DEVELOPMENT OF BASIC SCHOOL STUDENTS FOR ENGLISH USING THE "KIDS ABC" APPLICATION”, JIP, vol. 7, no. 4, pp. 55-64, Aug. 2021.