RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN TARIAN TRADISIONAL MENGGUNAKAN KINECT

  • Ari Zanupratama Jurusan Teknologi Infomasi Politeknik Negeri Malang
  • Mungki Astiningrum Jurusan Teknologi Infomasi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Kurangnya akan informasi dan pengetahuan akan budaya Indonesia mengakibatkan kurangnya apresiasi terhadap  budaya  Indonesia  khusunya  pada  tari  tradisional.  Padahal dengan  kemajuan  teknologi  pada  saat  ini pembelajaran terhadap budaya Indonesia dapat diterapkan melalui cara yang lebih interaktif. Salah satunya adalah memanfaatkan  teknologi  depth  sensor  yang  ada  di  dalam  Microsoft  Kinect.  Dengan  adanya  teknologi  ini, memungkinkan seseorang untuk dapat berinteraksi dengan perangkat komputer melalui gerakan, wajah, dan suara. Kemampuan interaksi tersebut khususnya dalam mendeteksi gerakan dapat dijadikan sebagai alat pembelajaran budaya  Indonesia  khususnya  budaya  tarian  tradisional.  Oleh  karena  itu  dibuat  aplikasi  pembelajaran tarian tradisional  dengan  harapan  dapat  membuat  aplikasi  pembelajaran  tarian  tradisional  yang  interaktif  serta  dapat meningkatkan apresiasi seseorang akan budaya Indonesia khususnya tarian tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrulloh, Rizqi, dkk. 2013. Kelayakan Teoritis

Media Pembelajaran Multimedia Interaktif

Materi Mutasi Untuk SMA Vol.2 No.2.

Surabaya: UNESA

Kamal, Mushtofa. 2010. Wayang topeng Malangan:

Sebuah Kajian Historis Sosiologis . Malang:

Universitas Negeri Malang

Mathe, Z. (2011). Inside Kinect: Skeletal Tracking

Deep Dive. Dikutip pada tanggal Januari 28,

, dari Microsoft:

http://www.microsoft.com/download/en/confir

mation.aspx?id=26098

Shotton, Jamie dkk. 2011. Real-Time Human Pose

Recognition in Parts from Single Depth Images.

Microsoft Research Cambridge & Xbox

Incubation

Sunaryono, Dwi, dkk. 2012. Integrasi Kinect dan

Unreal Development Kit Menggunakan

Kerangka Kerja OpenNI Pada Studi Kasus Game

Berbasis Interaksi Gerakan Vol 01, No 1.

Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Yudithya, Willy. 2012. Perancangan Program

Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Dengan

Metode Dynamic Time Warping . Jakarta Barat:

Binus

How to Cite
Zanupratama, A., & Astiningrum, M. (2017). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN TARIAN TRADISIONAL MENGGUNAKAN KINECT. Jurnal Informatika Polinema, 2(1), 40. https://doi.org/10.33795/jip.v2i1.53
Section
Articles