Penerapan Algoritma Apriori Untuk Mempercepat dan Mempermudah Akses Barang di Gudang Material

(Studi Kasus pada PT.XYZ)

  • Arwin Datumaya Wahyudi Sumari Politeknik Negeri Malang
  • Maulana Zinedin Zidane Politeknik Negeri Malang
  • Odhitya Desta Triswidrananta Politeknik Negeri Malang
Keywords: algoritma apriori, frequent itemset, gudang material, lift rasio, tata ulang lokasi barang

Abstract

Pada sebuah gudang material dengan beragam jenis barang dalam jumlah besar, menemukan satu barang atau kombinasi beberapa barang sesuai permintaan menjadi sebuah tantangan yang perlu diberikan solusi. Kecepatan dan kemudahan akses barang merupakan parameter-parameter penting yang membantu petugas gudang dalam memperoleh barang-barang sesuai yang diminta. Dalam penelitian ini telah dibangun sebuah sistem pemberi rekomendasi penataan barang atau kombinasi beberapa barang pada rak-rak di dalam gudang material menggunakan algoritma apriori. Studi kasus menggunakan data transaksi barang di gudang material PT. XYZ dengan beberapa kombinasi barang sesuai dengan kondisi riil. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa sistem perekomendasi akan memberikan hasil penataan barang atau kombinasi beberapa barang yang optimal bila menggunakan nilai minimum support 2% yang mana akan diperoleh frequent 1-itemset sebanyak 55 itemset dan frequent 2-itemset sebanyak 26 itemset. Dari pengujian pada frequent 2-itemset diperoleh bahwa kombinasi terbaik adalah nilai minimum support 2% dan nilai minimum confidence 40% yang meghasilkan 42 aturan asosiasi pada kombinasi 2 macam barang yang sering diambil secara bersamaan. Untuk rekomendasi penentuan lokasi barang didasarkan nilai lift ratio (LR) dari setiap kombinasi barang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristanto, I. G. (2017). Perancangan Tata Letak Gudang Pada UD Diamond Jaya di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 921-939.
Han, J., Kamber, M., & Pei, J. (2013). Data Mining. Concepts and Techniques, 3rd Edition. Waltham: Morgan Kaufmann Publishers.
Mandave, P., Mane, M., & Patil, S. (2013). Data mining using Association rule based on APRIORI algorithm and improved approach with illustration . International Journal of Latest Trends in Engineering and Technology (IJLTET), 107-113.
Nanda, M., & Saleh, K. (2017). Aplikasi Penataan Letak Barang di Imam Market dengan Metode Apriori. Jusikom Prima, 1-5.
Rahardjo, B. (2017). Perancangan Sistem Manajemen Gudang Material. Jurnal Teknik Industri, 127-136.
Riszky, A.R., & Sadikin, M. (2019). Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 103-108.
Santoso, H. (2017). Data Mining Penyusunan Buku Perpustakaan Daerah Lombok Barat Menggunakan Algoritma Apriori. Seminar Nasional TIK dan Ilmu Sosial (SocioTech) 2017 (ss. 25-35). STMIK Bumigora.
Singh, R., & Chaudhary, S. (2012). Data Mining Approach Using Apriori Algorithm: The Review . IOSR Journal of Electronics and Communication Engineering (IOSR-JECE), 12-15.
What's this fuss about true randomness? (den 23 6 2020). Hämtat från RANDOM.ORG: https://www.random.org/
Yuliana, W., Budiawan Z, W., Taufik, I., & Manaf, K. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mengoptimalkan Kombinasi Menu di Kane Pizzeria Bandung. Insight, 195-201.
Zahrotun, L., Setiadi, T., & Haryadi, T. M. (2018). Aplikasi Data Mining untuk Mencari Pola Asosiasi Tracer Study Menggunakan Algoritma FOLDARM. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 38-43.
Published
2021-02-23
How to Cite
[1]
A. D. W. Sumari, Maulana Zinedin Zidane, and Odhitya Desta Triswidrananta, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Mempercepat dan Mempermudah Akses Barang di Gudang Material ”, JIP, vol. 7, no. 2, pp. 21-28, Feb. 2021.