IDENTIFIKASI KOMPONEN GUI PADA PROTOTIPE APLIKASI MOBILE

  • Aura Kanza Caesaria Politeknik Negeri Malang
  • Mungki Astiningrum
  • Arie Rachmad Syulistyo

Abstract

OS Android merupakan OS Mobile terpopuler sejumlah 71,6% disusul IOS, dll. Hal ini menjadi peluang besar untuk menjadi android developer. Langkah awal yang harus dipersiapkan adalah memiliki pengetahuan dasar Java dan XML. Proses yang harus disiapkan pertama kali adalah pembuatan User Interface aplikasi. Namun, sebagai pemula sering kali kebingungan dalam menentukan komponen yang harus digunakan dalam pembuatan interface. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang dapat mengenali komponen yang akan digunakan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pengolahan citra digital memungkinkan untuk mengklasifikasi komponen GUI secara otomatis dengan bantuan aplikasi pengolahan citra. Dalam pengenalan komponen ini digunakan metode Convolutional Neural Network (CNN). Metode ini dapat mengenali komponen pada sebuah image. Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu pengguna dalam menentukan komponen yang akan digunakanan untuk membuat tampilan suatu aplikasi. Tingkat keberhasilan klasifikasi komponen GUI yang didapatkan menggunakan metode Convolutional Neural Network adalah 85.32%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa identifikasi komponen GUI pada prototipe aplikasi mobile sudah sesuai.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-05
How to Cite
[1]
Aura Kanza Caesaria, Mungki Astiningrum, and Arie Rachmad Syulistyo, “IDENTIFIKASI KOMPONEN GUI PADA PROTOTIPE APLIKASI MOBILE”, JIP, vol. 6, no. 2, pp. 51-56, Mar. 2020.

Most read articles by the same author(s)