RANCANG BANGUN SISTEM DETEKSI DAN PEMADAM KEBAKARAN PADA SMART HOME MENGGUNAKAN METODE FUZZY

  • Saiful Anam Politeknik Negeri Malang
  • Indra Dharma Wijaya
  • Ridwan Rismanto

Abstract

Abstrak—Kebakaran merupakan bencana nonalam yang terjadi diakibatkan adanya proses atau peristiwa nonalam seperti arus pendek listrik, kegagalan sistem, human error dan sebab lainnya. Salah satu tindakan untuk mencegah kebakaran adalah memasang sistem deteksi dan pemadam kebakaran. Namun pada beberapa kasus, sistem deteksi kebakaran konvensional memiliki masalah yang cukup signifikan yaitu sering terjadinya false alarm. Maka dari itu dibutuhkan sistem yang mampu melakukan deteksi kebakaran secara akurat dan cepat serta dapat mengatasi dari terjadinya kegagalan deteksi atau false alarm. Penelitian ini menggunakan tiga sensor yaitu sensor api, sensor suhu, dan sensor asap sebagai sumber input-an data. Perangkat Arduino sebagai pembaca data dan Raspberry Pi bertugas mengelola data lebih lanjut. Sedangkan metode yang digunakan untuk melakukan pendeteksian kebakaran adalah metode Fuzzy Sugeno dengan tiga parameter utama yaitu suhu, kepekatan asap, dan intensitas api. Dari pengujian yang telah dilakukan menghasilkan nilai respon yang sesuai dengan metode Fuzzy Sugeno berdasarkan perhitungan manual maupun sistem. Pada 15 kali pengujian menunjukkan nilai Defuzzifikasi yang sesuai berjumlah 15, nilai Defuzzifikasi tidak sesuai berjumlah 0, dan terjadi false alarm berjumlah 0. Sehingga didapatkan tingkat keberhasilan perhitungan metode Fuzzy Sugeno adalah 100%. Sistem ini berhasil melakukan pendeteksian kebakaran dan cocok untuk diterapkan pada konsep smart home.

Kata Kunci—Kebakaran, False Alarm, Fuzzy Sugeno, Raspberry Pi, Arduino, Smart Home, Sensor Api, Sensor Suhu, Sensor Asap.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31
How to Cite
[1]
Saiful Anam, Indra Dharma Wijaya, and Ridwan Rismanto, “RANCANG BANGUN SISTEM DETEKSI DAN PEMADAM KEBAKARAN PADA SMART HOME MENGGUNAKAN METODE FUZZY”, JIP, vol. 6, no. 4, pp. 9-16, Aug. 2020.