PENERAPA METODE HIERARCHICAL CLUSTERING DAN K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGELOMPOKKAN POTENSI LOKASI PENJUALAN LINKAJA

  • Ivon Rahma Politeknik Negeri Malang
  • Putra Prima Arhandi Politeknik Negeri Malang
  • Annisa Tufika Firdausi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Tempat atau lokasi yang tepat merupakan salah satu faktor peningkatan strategi bisnis, maka dari itu suatu perusahaan haruslah mengelompakkan mana saja lokasi yang berpotensi bisnis bagi penjualannya. Dan jika harus dikelompokkan secara manual membutuhkan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, Clustering menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Clustering akan  mengelompokkan lokasi yang menguntungkan, cukup, dan kurang. Clustering memiliki dua metode, yaitu partisi dan hierarki. Dua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan dengan menggabungkan keduanya dapat diperoleh hasil cluster yang lebih baik. Dari hasil cluster dengan menggunakan data penjualan LINKAJA di PT Telekomunikasi, maka diperoleh hasil bahwa gabungan metode Hierarchical Clustering dan K-means memberikan hasil cluster yang lebih baik  dalam pengelompokan lokasi penjualan LINKAJA dengan parameter saldo penjaualan dan umur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-06
How to Cite
[1]
I. Rahma, P. Prima Arhandi, and A. Tufika Firdausi, “PENERAPA METODE HIERARCHICAL CLUSTERING DAN K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGELOMPOKKAN POTENSI LOKASI PENJUALAN LINKAJA”, JIP, vol. 6, no. 1, pp. 15-22, Jan. 2020.