ANALISA KUALITAS DAN USABILITY BERDASARKAN PERSEPSI PADA WEBSITE SHOPEE

  • Annisa Putri Ayudhitama Universitas Negeri Malang
  • Utomo Pujianto Politeknik Negeri Malang

Abstract

Website merupakan pilihan utama untuk mempromosikan sebuah produk yang ingin dijual, dengan adanya website dapat mempermudah proses transaksi jual beli dan lebih menghemat waktu baik dari sisi penjual maupun pembeli. Website yang digunakan untuk toko online dan termasuk kedalam website populer di Indonesia salah satunya yaitu Shopee. Shopee merupakan salah satu website berbasis e-commerce yang berkembang pesat dan mampu bersaing dengan website e-commerce lainnya yang ada di Indonesia seperti lazada, bukalapak atau tokopedia dan masih banyak lainnya. Shopee mengembangkan website yang baik tetapi bagi penggunanya masih banyak persepsi yang muncul terutama untuk kualitas website dari Shopee, karena kualitas sebuah website seperti Shopee sangat berpengaruh pada minat jual beli. Usability website menurut Nielsen yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Usability yang tinggi pada website seperti Shopee mampu untuk menarik minat jual beli karena penggunaan website yang dinilai mudah. Hasil dari paper ini berupa studi pustaka analisa kualitas dan Usability website Shopee berdasarkan persepsi berbagai orang yang menggunakan website Shopee dari berbagai penelitian, sehingga mampu membantu developer website Shopee untuk memperbaiki website yang dapat memberikan kepuasan bagi penggunanya.

Keywords— Kualitas website, Shopee, Website, Usability

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-06
How to Cite
[1]
A. P. Ayudhitama and U. Pujianto, “ANALISA KUALITAS DAN USABILITY BERDASARKAN PERSEPSI PADA WEBSITE SHOPEE”, JIP, vol. 6, no. 1, pp. 61-70, Jan. 2020.