APLIKASI KUESIONER PRA SKRINNING PERKEMBANGAN ANAK BERBASIS ANDROID DI HOMPIMPA CENTER BENGKALIS

  • Emilia Kartika Dewi STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Uci Rahmalisa STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Anita Febriani STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Abstract

Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) merupakan salah satu alat skrining/deteksi yang diwajibkan oleh Depkes untuk digunakan ditingkat pelayanan kesehatan primer. Psikolog memiliki peran yang signifikan sebagai tenaga ahli yang memiliki kewenangan dalam masalah perkembangan anak, termasuk kewenangan deteksi adanya penyimpangan perkembangan anak. Namun, psikolog dalam melayani skrining perkembangan dengan menggunakan KPSP masih bersifat manual yaitu masih menggunakan kertas kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah membangun Aplikasi Kuesioner Pra Skrining Perkembangan Anak Berbasis Android yang dapat mempermudah psikolog dalam mengisi jawaban kuesioner dari orang tua secara efektif dan efisien, mempermudah psikolog dalam melakukan perhitungan kuesioner, serta mempercepat dalam pembuatan laporan hasil kuesioner. Metode penelitian ini menggunakan metode waterfall dan data dianalisa dengan menggunakan metode PIECES.

Penelitian ini menghasilkan Aplikasi Kuesioner Pra Skrinning Perkembangan Anak Berbasis Android yang mana dapat membantu kinerja psikolog dalam melayani klien yang memiliki masalah dalam perkembangan anak. Aplikasi ini juga memberikan efisiensi waktu serta mempermudah dan mempercepat kinerja psikolog, serta dapat memberikan informasi tentang perkembangan anak dalam bentuk grafik, sehingga bisa mengetahui perkembangan anak secara periode.

Kata Kunci: Aplikasi, Kuesioner, Android.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-06
How to Cite
[1]
Emilia Kartika Dewi, U. Rahmalisa, and A. Febriani, “APLIKASI KUESIONER PRA SKRINNING PERKEMBANGAN ANAK BERBASIS ANDROID DI HOMPIMPA CENTER BENGKALIS”, JIP, vol. 6, no. 1, pp. 71-80, Jan. 2020.