RANCANG BANGUN MANAJEMEN TOOLS UNTUK PROYEK PERANGKAT LUNAK BERBASIS WEB

  • Dimas Wahyu Wibowo Politeknik Negeri Malang
  • Elok Nur Hamdanah Politeknik Negeri Malang
  • Zarkasyi Matiin Politeknik Negeri Malang

Abstract

Perkembangan teknologi yang tak bisa dihindari semakin menyebabkan berubahnya tingkah laku masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari maupun pada saat bekerja. Dengan berubah tingkah laku masyarakat dalam beraktifitas ini menyebabkan kebutuhan akan pembuatan perangkat lunak yang dapat mendukung perubahan tingkah laku tersebut. Oleh sebab itu mulai banyak perusahaan yang bergerak dalam jasa pembuatan ataupun pengembangan perangkat lunak.

 

Penelitian ini dilaksanakan pada perusahaan pengembang perangkat lunak Inagata Technosmith. Permasalahan yang terjadi adalah tidak terpusatnya data dan ketidaktahuan projek manajer terhadap apa saja yang dikerjakan oleh para karyawannya. Penelitian ini ditujukan agar dapat mengembangkan website yang dapat mengumpulkan data menjadi terpusat dan menerapkan metode Fuzzy AHP yang digunakan untuk memberikan rekomendasi kepada projek manajer dengan cara menghitung tingkat kesibukan dari setiap karyawan dan mengurutkan dari yang tingkat kesibukan rendah.

 

Berdasarkan hasil pengujian output sistem dan perhitungan manual dapat simpulkan bahwa hasil perhitungan secara manual dan sistem memiliki hasil yang sama yaitu memberikan hasil akhir berupa rangking sesuai dengan tingkat kesibukan dari setiap developer dan membantu perusahaan dengan penyimpanan data yang terpusat.

 

Kata kunci: Manajemen tools, rekomendasi, Fuzzy AHP

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Wibowo, D. W., Hamdanah, E. N., & Matiin, Z. (2019). RANCANG BANGUN MANAJEMEN TOOLS UNTUK PROYEK PERANGKAT LUNAK BERBASIS WEB. Jurnal Informatika Polinema, 5(2), 96-100. https://doi.org/10.33795/jip.v5i2.263
Section
Articles