IMPLEMENTASI NLP DENGAN KONVERSI KATA PADA SISTEM CHATBOT KONSULTASI LAKTASI

  • Mungki Astiningrum Politeknik Negeri Malang
  • Pramana Yoga Saputra Politeknik Negeri Malang
  • Maya Shoburu Rohmah Politeknik Negeri Malang

Abstract

Penyampaian informai melalui layanan customer service saat ini berkembang pesat. Salah satu media layanan customer service adalah chatting yang digunakan untuk konsultasi. Penggunaan chatting saat berkonsultasi, memudahkan pertanyaan yang diajukan oleh customer beraneka ragam. Namun keterbatasan pemahaman bahasa oleh operator atau dokter menyebabkan kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Tidak hanya hal tersebut, tetapi keterbatasan waktu kerja operator atau dokter dalam penyampaian informasi dirasa kurang efektif bagi customer yang ingin mendapatkan informasi yang cepat.

 

Berdasarkan pemasalahan tersebut, peneliti bermaksud membangun sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pengganti chatting yaitu berupa chatbot dengan menggunakan metode Natural Language Processing.. Dalam Natural Language Processing dilakukan proses Text Preprocessing yang digunakan untuk menormalisasi input user menggunakan metode Levenshtein Distance dan TFIDF. Metode Levenshtein distance digunakan untuk konversi kata dengan jarak edit kata yang tepat. Selain itu metode TFIDF digunakan untuk pembobotan suatu dokumen yang digunakan untuk mendapatkan nilai cosine similarity. Cosine similarity digunakan untuk mencari jawaban yang sesuai dengan inputan user yaitu dengan membandingkan seluruh dokumen yang tersimpan pada knowledge base. Sehingga dengan Natural Language Processing pembangunan aplikasi chatbot dapat melakukan konversi kata dan memberikan respon sesuai dengan inputan user secara alami saat berkomunikasi dengan komputer (chatbot). Dari hasil pengujian sistem, bahwa kemungkinan sistem memberikan jawaban kepada user didapatkan nilai presisi terbaik sebesar 0.94 pada uji coba dan untuk nilai recall terbaik sebesar 0.85 yang didapatkan dari hasil uji coba relevan dari sistem memberikan jawaban.

 

Kata kunci: Natural Language Processing, Chatbot, Text Preprocseeing, TFIDF, Levenshtein Distance, Cosine Similarity.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Astiningrum, M., Saputra, P. Y., & Rohmah, M. S. (2018). IMPLEMENTASI NLP DENGAN KONVERSI KATA PADA SISTEM CHATBOT KONSULTASI LAKTASI. Jurnal Informatika Polinema, 5(1), 46-52. https://doi.org/10.33795/jip.v5i1.262
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)