PEMETAAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS

  • Dwi Puspitasari Politeknik Negeri Malang
  • Yan Watequlis Syaifudin Politeknik Negeri Malang
  • Resqy Dwi Nofyandi Politeknik Negeri Malang

Abstract

Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan kerugian harta benda. Angka kecelakaan hingga menyebabkan korban meninggal dunia meningkat tajam di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota. Data kecelakaan lalu lintas sangat berhubungan erat dengan data yang bersifat spasial temporal, yaitu memiliki informasi utama berupa lokasi dan waktu kejadian. Namun, pemanfaatan data kecelakaan lalu lintas masih kurang optimal karena hanya disajikan dalam bentuk grafik statistika sehingga potensi informasi dari data tersebut tidak tersampaikan secara maksimal.

Dengan memanfaatkan teknik data mining, data mengenai kecelakaan lalu lintas dapat digali untuk mengelompokkan ruas-ruas jalan berdasarkan faktor kesamaan karakteristik yang melekat pada data. Salah satu metode klasterisasi yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah algoritma Fuzzy C-Means. Hasil pengelompokan data kecelakaan tadi divisualisasikan menggunakan peta yang menggambarkan pemetaan daerah hasil clustering di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota.

Kata kunci : clustering, fuzzy c-means, kecelakaan lalu lintas, data mining

 

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Puspitasari, D., Syaifudin, Y. W., & Nofyandi, R. D. (2019). PEMETAAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS. Jurnal Informatika Polinema, 5(2), 90-95. Retrieved from http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/260
Section
Articles