IMPLEMENTASI SENTIMEN ANALISIS KOMENTAR CHANNEL VIDEO PELAYANAN PEMERINTAH DI YOUTUBE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

  • Pramana Yoga Saputra Politeknik Negeri Malang
  • Dian Hanifudin Subhi Politeknik Negeri Malang
  • Fahmi Zain Afif Winatama Politeknik Negeri Malang

Abstract

Pelayanan instansi pemerintah menjadikan tolok ukur dalam menilai tingkat kepuasan masyarakat. Instansi pemerintah di Indonesia perlahan telah memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat. Karena media sosial mendapatkan tempat yang istimewa pada penggunaan internet di Indonesia. Terutama media sosial, khususnya untuk Youtube yang mana sekarang segala sesuatunya dapat diupload setiap saat dan berjuta komentar diunggah pada media berbagi video. Penelitian ini mencoba melakukan Analisa sentimen menggunakan klasifikasi data Youtube pada komentar video yang dipublish pemerintah tentang kinerjanya kepada masyarakat. Data tersebut nantinya akan diklasfikasikan menjadi klasifikasi positif, negatif dan netral. Komentar tersebut kemudian diproses menggunakan metode Naïve Bayes Classifier. Hasil dari pengujian yang dilakukan memperoleh nilai akurasi sebesar untuk KemenPUPR 69.23% dan 64.10% untuk Kemenkeu.

 

Kata kunci : Pelayanan, Analisis Sentimen, Naive Bayes Classifier

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-01
How to Cite
[1]
P. Y. Saputra, D. H. Subhi, and F. Z. A. Winatama, “IMPLEMENTASI SENTIMEN ANALISIS KOMENTAR CHANNEL VIDEO PELAYANAN PEMERINTAH DI YOUTUBE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES”, JIP, vol. 5, no. 4, pp. 209-213, Aug. 2019.
Section
Articles