IMPLEMENTASI SENTIMEN ANALISIS KOMENTAR CHANNEL VIDEO PELAYANAN PEMERINTAH DI YOUTUBE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES
Abstract
Pelayanan instansi pemerintah menjadikan tolok ukur dalam menilai tingkat kepuasan masyarakat. Instansi pemerintah di Indonesia perlahan telah memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat. Karena media sosial mendapatkan tempat yang istimewa pada penggunaan internet di Indonesia. Terutama media sosial, khususnya untuk Youtube yang mana sekarang segala sesuatunya dapat diupload setiap saat dan berjuta komentar diunggah pada media berbagi video. Penelitian ini mencoba melakukan Analisa sentimen menggunakan klasifikasi data Youtube pada komentar video yang dipublish pemerintah tentang kinerjanya kepada masyarakat. Data tersebut nantinya akan diklasfikasikan menjadi klasifikasi positif, negatif dan netral. Komentar tersebut kemudian diproses menggunakan metode Naïve Bayes Classifier. Hasil dari pengujian yang dilakukan memperoleh nilai akurasi sebesar untuk KemenPUPR 69.23% dan 64.10% untuk Kemenkeu.
Kata kunci : Pelayanan, Analisis Sentimen, Naive Bayes Classifier
Downloads
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.