SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN JALUR TERDEKAT DESA WISATA STUDI KASUS KOTA WISATA BATU

  • Usman Nurhasan Politeknik Negeri Malang
  • Pramana Yoga Politeknik Negeri Malang
  • Moch Hafiz Nasirrudin Politeknik Negeri Malang

Abstract

Kota batu merupakan salah satu kota di Indonesia yang menyandang predikat sebagai kota wisata. Kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Desa wisata dan beragam potensi daerah nya merupakan aset yang sangat penting bagi Kota Batu. Ada 24 desa wisata yang telah terkelola oleh masyarakat dan perangat desa. Namun 5 tahun terakhir pembangunan objek wisata di Kota Batu hanya terfokus pada objek yang dikelola oleh swasta. Sehingga membuat potensi daerah Kota Batu tidak begitu banyak dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat dan pemerintah Kota Batu. SIG yang informatif merupakan upaya untuk membantu berjalan nya konsep Smart City di Kota Batu. Di dalam SIG ini bertujuan untuk memberi informasi kepada wisatawan sehingga dapat membuat potensi asli daerah di kota batu bisa terlihat dan dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat dan pemerintah Kota Batu.

Di dalam SIG ini penulis menggunakan metode Greedy untuk pencarian jalur terdekat. Algoritma greedy merupakan jenis algoritma yang menggunakan pendekatan penyelesaian masalah dengan mencari nilai maksimum sementara pada setiap langkahnya. Nilai maksimum sementara ini dikenal dengan istilah local maximum. Pada kebanyakan kasus, algoritma greedy memberikan solusi yang mendekati nilai optimum dalam waktu yang cukup cepat.

 

Kata Kunci : Sistem Infromasi Geografis, Desa Wisata, Kota Batu

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Nurhasan, U., Yoga, P., & Nasirrudin, M. H. (2019). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN JALUR TERDEKAT DESA WISATA STUDI KASUS KOTA WISATA BATU. Jurnal Informatika Polinema, 5(3), 159-164. https://doi.org/10.33795/jip.v5i3.257
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)