RANCANG BANGUN APLIKASI REKOMENDASI PEMILIHAN JENIS TANAMAN HOLTIKULTURA MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE

  • Ekojono Ekojono Politeknik Negeri Malang
  • Dimas Wahyu Wibowo Politeknik Negeri Malang
  • Aidana Rusfalia Politeknik Negeri Malang

Abstract

Banyaknya petani yang masih menggunakan pembelajaran secara otodidak dan pengalaman secara turun temurun dalam penentuan jenis tanaman holtikultura yang ditanam mereka menyebabkan hasil panen yang tidak maksimal. Hal tersebut disebabkan para petani tidak memperhatikan faktor lingkungan dalam menentukan jenis tanaman yang akan dipilih untuk ditanam. Faktor faktor tersebut berupa curah hujan, suhu, penyinaran, kebutuhan, dan ketinggian. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lampeji Kecamatan Mumbulsari. Selain itu dibutuhkan penyuluh pertanian lapang (PPL) yang cerdas, kreatif dan peduli yang berguna bagi petani untuk memberikan informasi dan pengetahuan mengenai pertanian.

Program penyuluhan tanaman pangan dan holtikultura yang terencana dan terprogram secara baik dan berkelanjutan berdampak positif terhadap petani. Konsep bertani yang terprogram tersebut dilakukan dengan cara memberikan rekomendasi jenis tanaman kepada petani yang sesuai dengan faktor faktor yang berpengaruh.  Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah Sistem rekomendasi yang dapat membantu para petani untuk menentukan jenis tanaman holtikultura yang cocok berdasarkan faktor lingkungan yang berpengaruh.

Penelitian ini menerapkan metode Promothee yaitu suatu metode penentuan urutan prioritas dalam analisis multikriteria. Metode ini digunakan untuk memberikan rekomendasi jenis tanaman kepada petani berdasarkan hasil perhitungan urutan prioritas dari masing masing kriteria (faktor yang berpengaruh).

Berdasarkan hasil pengujian output system dan perhitungan manual dapat simpulkan bahwa hasil perhitungan secara manual dan system memiliki hasil yang sama yaitu memberikan hasil akhir berupa rangking yang sama yaitu tanaman cabe rawit sebagai rekomendasi tertinggi untuk ditanam dan siap untuk direkomendasikan kepada para petani dan juga aplikasi ini dapat membantu pihak PPL (Penyuluh Pertanian Lapang) dalam menjalankan tugasnya.

 

Kata Kunci : Rekomendasi, Promethee

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Ekojono, E., Wibowo, D. W., & Rusfalia, A. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI REKOMENDASI PEMILIHAN JENIS TANAMAN HOLTIKULTURA MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE. Jurnal Informatika Polinema, 5(2), 79-83. https://doi.org/10.33795/jip.v5i2.246
Section
Articles