EVALUASI KINERJA KARYAWAN PADA PT LIVIA MANDIRI SEJATI JEMBER DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCY PROCESS

  • Dimas Wahyu Wibowo Politeknik Negeri Malang
  • Meyti Eka Apriyani Politeknik Negeri Malang
  • Mas’ud Hermansyah Politeknik Negeri Malang

Abstract

Penilaian kinerja merupakan bagian terpenting dari proses kegiatan karyawan, penilaian kinerja secara khusus dilakukan berkaitan dengan kebijakan terhadap karyawan, seperti tujuan promosi jabatan atau hanya untuk memberikan bonus. Selama ini evaluasi kinerja karyawan pada PT Livia Mandiri Sejati Jember belum dilaksanakan secara optimal dan memerlukan waktu yang lama, dikarenakan pada proses yang berjalan saat ini terdapat beberapa kendala, antara lain proses penilaian evaluasi karyawan terdapat dua orang yang melakukan penilaian yaitu manajer dan asisten manajer, dan penilaian masih menggunakan form kertas yang memiliki banyak kriteria. Permasalahan lain muncul pada subjektifitas dalam memberikan nilai pada masing masing karyawan, sehingga penilaian yang diberikan masih tidak pasti. Adanya ketidaktepatan dalam memberikan nilai kepada karyawan berdampak pada hasil keputusan yang diberikan kurang optimal. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah membuat sistem untuk evaluasi kinerja karyawan di PT Livia Mandiri Sejati Jember menggunakan metode Fuzzy Analitycal Hierarcy Process. Hal ini dimaksudkan untuk membantu manajer dan asisten manajer dalam memberikan nilai secara objektif berdasarkan tingkat kepentingan yang berbeda-beda pada setiap kriteria yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Analytical Hierarcy Process

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-01
How to Cite
[1]
D. W. Wibowo, M. E. Apriyani, and M. Hermansyah, “EVALUASI KINERJA KARYAWAN PADA PT LIVIA MANDIRI SEJATI JEMBER DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCY PROCESS”, JIP, vol. 5, no. 4, pp. 171-176, Aug. 2019.
Section
Articles