IMPLEMENTASI DISASTER RECOVERY PLAN SERVER SYSTEM DENGAN METODE FAILOVER BERBASIS LINUX DI POLITEKNIK NEGERI MALANG

  • Arief Prasetyo Politeknik Negeri Malang
  • Sofyan Noor Arief Politeknik Negeri Malang
  • Faizal Abroni Politeknik Negeri Malang

Abstract

Perencanaan Disaster Recovery Plan Server System pada Politeknik Negeri Malang guna dipersiapkan jika terjadi musibah yang menyebabkan hilangnya data maka proses Recovery dapat dilakukan dengan cepat. System backup konten server dengan menggunakan Metode Failover Berbasis Linux dimana merupakan metode antisipasi gangguan server dengan menempatkan server cadangan di lokasi yang berbeda dari server utama, dan sistem FailOver secara otomatis server backup akan menggantikan peran server utama apabila server utama down.

Disaster Recovery Plan Server System Dengan Metode Failover Berbasis Linux dirancang apabila salah satu server baik secara fisik maupun secara jaringan tidak dapat diakses, maka user tetap dapat mengakses data dan aplikasi server pada server backup. Proses sinkronisasi data antar server utama dan server backup dapat berjalan dengan baik dan realtime dengan memanfaatkan metode replikasi master to master dan response time failover server dari server utama ke server backup lebih pendek dibandingan proses recovery dari server backup ke server utama. Hasil akhir dari penelitian ini adalah implementasi dengan teknik failover cluster server dengan memanfaatkan jaringan ini dapat menjadi solusi Politeknik Negeri Malang untuk menerapakan disaster recovery system yang aman, karena backup server dapat ditempatkan dimana saja dan dapat diakses dengan VPN apabila menggunakan jaringan publik.

 

Kata Kunci: DRP, Server, Jaringan, VPN, Failover

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Prasetyo, A., Arief, S. N., & Abroni, F. (2019). IMPLEMENTASI DISASTER RECOVERY PLAN SERVER SYSTEM DENGAN METODE FAILOVER BERBASIS LINUX DI POLITEKNIK NEGERI MALANG. Jurnal Informatika Polinema, 5(2), 74-78. https://doi.org/10.33795/jip.v5i2.242
Section
Articles