GAME 3D MONOPOLI (GENYO) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TEMATIK UNTUK ANAK SD BERBASIS ANDROID

  • Ahmadi Yuli Ananta Politeknik Negeri Malang
  • Kadek Suarjuna Batubulan Politeknik Negeri Malang
  • Danang Eko Novianto Politeknik Negeri Malang

Abstract

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang wajib untuk dikuasai setiap orang untuk dapat mempermudah dalam berkomunikasi dengan warga asing, dalam prakteknya bahasa inggris sulit untuk dikuasai sehingga berbagai metode pembelajaran bermunculan sebagai media untuk belajar bahasa inggris yang diterapkan mulai dari anak usia dini sampai dengan dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan cara belajar bahasa inggris bagi siswa SD kelas 4 dengan media game. Game ini sendiri dilengkapi dengan media pembelajaran bahasa inggris yang berisi konten latihan dan soal bahasa inggris sesuai dengan standar kompetensi guna meningkatkan kualitas berbahasa inggris anak mulai dari sejak dini. Game ini menggunakan metode Linear Conruential Generator (LCG) yang diterapkan pada dadu untuk memberikan nilai acak yang bagus dan Finite State Machine (FSM)  sebagai alur game untuk menentukan setiap langkah dan keputusan yang diambil oleh pemain. Game juga menerapkan Artificial Intellegence untuk pemain yang dijalankan oleh computer sebagai lawan yang harus dihadapi seperti pada permainan monopoli pada umumnya.

Game ini telah diuji dengan memberikan kuisioner kepada user yang telah mencoba memainkan gameplay dari game monopoli ini. Berdasarkan ujicoba tersebut, sistem sangat berguna untuk mengasah kemampuan anak SD dalam mempermudah proses belajar menggunakan bahasa inggris.

 

Kata Kunci : Genyo Monopoli, Bahasa Inggris, FSM

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Ananta, A. Y., Batubulan, K. S., & Novianto, D. E. (2018). GAME 3D MONOPOLI (GENYO) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TEMATIK UNTUK ANAK SD BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika Polinema, 5(1), 25-30. https://doi.org/10.33795/jip.v5i1.240
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)