KLASIFIKASI TINGKATAN MUTU BUAH MANGGIS BERDASARKAN WARNA DAN DIAMETER MENGGUNAKAN METODE K - NEAREST NEIGHBOR

  • Ahmadi Yuli Ananta Politeknik Negeri Malang
  • Kadek Suarjuna Batubulan Politeknik Negeri Malang
  • Ahmad Nova Rifki Wildani Politeknik Negeri Malang

Abstract

Buah manggis memasok kebutuhan tidak hanya pasar dalam negeri, tetapi juga pasar internasional. Oleh karena itu, mutu buah manggis harus selalu dijaga. Saat ini sortasi mutu manggis masih dilakukan secara manual oleh manusia, akibatnya menghasilkan keragaman mutu yang kurang baik karena keterbatasan visual, kelelahan, dan perbedaan persepsi masing-masing pengamat. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat mengklasifikasikan mutu buah manggis menggunakan pengolahan citra digital dan K - Nearest Neighbor.

Data citra yang akan diambil yaitu sampel buah manggis yang baru dipanen dengan menggunakan kamera digital. Pemrosesan citra digital digunakan untuk mengekstrak fitur warna dan diameter buah manggis. Sedangkan K - Nearest Neighbor digunakan untuk klasifikasi mutu manggis. Penelitian ini menggunakan 75 buah manggis untuk data pelatihan dan 15 manggis untuk data pengujian. Mutu manggis dibagi menjadi 3 kelas, yaitu mutu Super, mutu I dan mutu II. Parameter yang digunakan untuk masukan K - Nearest Neighbor yaitu luas diameter, dan nilai Hue, Saturation, Value.

Kata Kunci : Klasifikasi Mutu Manggis, Pengolah Citra Digital, K - Nearest Neighbor

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Ananta, A. Y., Batubulan, K. S., & Wildani, A. N. R. (2019). KLASIFIKASI TINGKATAN MUTU BUAH MANGGIS BERDASARKAN WARNA DAN DIAMETER MENGGUNAKAN METODE K - NEAREST NEIGHBOR. Jurnal Informatika Polinema, 5(2), 67-73. https://doi.org/10.33795/jip.v5i2.239
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)