SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA RESORT PENGELOLAAN TAMANNASIONAL BROMO TENGGER SEMERU MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Faqih Fadlullah Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • Ulla Delfana Rosiani Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang
  • Ely Setyo Astuti Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang

Abstract

TNBTS telah menerapkan Resort Base Managememnt, yaitu sebuah sistem pengelolaan taman nasional yang berdasarkan pada pengelolaan resort PTN. Untuk meningkatkan kinerja dari setiap resort PTN perlu adanya suatu penilaian yang dilakukan secara berkala oleh jajaran pengelola TNBTS, namun penilaian yang dilakukan saat  ini  masih  dilakukan  secara  manual  dan  menggunakan  pandangan  individu,  sehingga  penilaian  yang dilakukan tidak dapat terukur dengan baik. Oleh karena itu dibuatlah Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Resort Pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Menggunakan Metode Simple  Additive Weighting (SAW) yang diharapkan mampu  melakukan  penilaian  secara  terukur  dan  tepat.  Metode  SAW  meupakan  sebuah  metode  penjumlahan terbobot. Konsep metode SAW memberikan bobot kepada semua kriteria secara langsung kemudian melakukan perangkingan  sehingga  sangat  cocok  digunakan  di  kantor  TNBTS.  Hasil  dari  perhitungan  SAW  berupa perangkingan kinerja resort PTN, dimana rangking terendah akan dilihat oleh jajaran manajemen TNBTS untuk diambil  tindakan  lebih  lanjut  sebagai  pengembangan  resort  kedepannya  dan  untuk  rangking  tertinggi  akan diberikan reward oleh jajaran TNBTS. Berdasarkan uji fungsional, aplikasi ini mampu digunakan untuk menilai kinerja resort PTN, hasil dari sistem  ini  telah  diuji  kecocokannya  dengan  perhitungan  petugas  TNBTS  dengan  tingkat  kecocokan  75%. Sehingga bisa dikatakan sistem ini telah dirancang dan dapat diimplementasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BBTNBTS. 2013. Petunjuk Teknis Pengelolaan

Taman Nasional Berbasis Resort di Balai

Besar Taman Nasional Bromo Tengger

Semeru. Malang

Sundari, Shinta Siti dan Taufik, Yopi Firman. 2014.

Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan

Pegawai Baru Dengan Menggunakan

Metode Simple Additive Weighting (SAW).

STMIK Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah

Sisfotenika. Tasikmalaya

Utomo, Fandy Setyo dan Berlilana. 2010. Sistem

Pendukung Keputusan Untuk Penilaian

Kinerja Karyawan Dengan Metode Simple

Additive Weighting. STMIK AMIKOM

Purwokerto. Purwokerto

Metode Simple Additive Weighting (SAW) Langkah

dan Kelebihan. 2015 [Online] Tersedia

http://landasanteori.com/2015/10/metode-simple-additive-weighting-saw.html?m=1

Desember 2015]

Pengembangan Software dengan Metode Waterfall.

Maret 2013 [Online]. Tersedia :

http://etunas.com/web/pengembangansoftware-dengan-metode-waterfall.htm [11

Desember 2015]

How to Cite
Fadlullah, F., Rosiani, U. D., & Astuti, E. S. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA RESORT PENGELOLAAN TAMANNASIONAL BROMO TENGGER SEMERU MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Jurnal Informatika Polinema, 3(1), 47. https://doi.org/10.33795/jip.v3i1.22
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)