IMPLEMENTASI GAME HERBS RESCUE PADA APLIKASI ENSIKLOPEDIA TANAMAN OBAT TRADISIONAL INDONESIA (HerbAR)

  • Dyah Ayu Irawati Politeknik Negeri Malang
  • Sari Anggraeni Politeknik Negeri Malang
  • Arief Prasetyo Politeknik Negeri Malang

Abstract

Budidaya tanaman obat telah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan berbagai informasi mulai dari pemeliharaan hingga proses pengolahan. Tanaman obat tidak selamanya bisa hidup tanpa gangguan. Terkadang tanaman obat mengalami gangguan oleh binatang atau organisme kecil (virus, bakteri, atau jamur). Hewan dapat disebut hama karena mereka mengganggu tanaman dengan memakannya. Ensiklopedia tanaman obat merupakan sarana pengenalan dan pengetahuan tentang tanaman obat. Salah satu ensiklopedia interaktif yang telah dibuat yaitu HerbAR di mana dalam aplikasi tersebut menampilkan informasi tanaman obat serta khasiat untuk kesehatan menggunakan teknologi AR pada platform mobile. Dalam penelitian ini, dibuat tambahan fitur permainan dalam Aplikasi HerbAR  tersebut yaitu Herbs Rescue yang memberikan pengetahuan tentang hama yang menyerang tanaman obat. Permainan ini terdapat 3 level, pada setiap level terdapat 2 jenis musuh yaitu hama kecil dan bos hama. Metode yang digunakan adalah Fuzzy Sugeno yang diimplementasikan pada bos hama setiap level dalam menentukan tingkah laku terbaik yang akan dilakukan, yaitu patrol, attack 1, dan attack 2. Dari hasil kuisioner pada saat uji coba yang diberikan pada user, dapat disimpulkan bahwa game Herbs Rescue memiliki tampilan gameplay yang menarik dan membuat proses pengetahuan tentang hama dengan sangat menyenangkan. Hal ini dapat dilihat dari prosentase jawaban setiap user atau responden terhadap pertanyaan kuesioner.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
[1]
D. A. Irawati, S. Anggraeni, and A. Prasetyo, “IMPLEMENTASI GAME HERBS RESCUE PADA APLIKASI ENSIKLOPEDIA TANAMAN OBAT TRADISIONAL INDONESIA (HerbAR)”, JIP, vol. 4, no. 3, p. 218, May 2018.
Section
Articles