PENGEMBANGAN APLIKASI ANALISIS SENTIMEN TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (Studi Kasus SAMSAT Kota Malang)

  • Imam Fahrur Rozi Politeknik Negeri Malang
  • Elok Nur Hamdana Politeknik Negeri Malang
  • Muhammad Balya Iqbal Alfahmi

Abstract

Twitter adalah salah satu media sosial dimana pengguna dapat mencari topik tertentu dan membahas isu-isu terkini. Beberapa pesan singkat atau tweet dapat memuat opini terhadap produk dan layanan yang dirasakan oleh masyarakat. Data ini dapat menjadi sumber data untuk dijadikan objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi analisis sentimen yang menerapkan pendekatan Naïve Bayes Classifier untuk mengklasifikasikan kata-kata dan difokuskan pada tweet dalam bahasa Indonesia. Data diperoleh melalui cara web scrapping dan sumber teks yang digunakan sebagai topik bahasan adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Malang Kota. Proses klasifikasi dilakukan melalui serangkaian tahapan seperti preproses (case folding, cleaning, tokenizing, dan stopword) serta proses klasifikasi dengan algoritma Naïve Bayes Classifier itu sendiri untuk mendapatkan hasil klasifikasi dengan kategori positif, negatif atau netral. Berdasarkan hasil penelitian, algoritma Naïve Bayes Classifier memberikan unjuk kerja yang baik dalam analisis sentimen. Dari hasil uji akurasi klasifikasi yang dilakukan oleh aplikasi menghasilkan nilai akurasi tertinggi pada setiap kategori positif, negatif, netral masing-masing sebesar 82%, 92%, 80% dengan jumlah data latih 200 tweet negatif, 200 tweet positif, dan 200 tweet netral.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Rozi, I. F., Hamdana, E. N., & Iqbal Alfahmi, M. B. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI ANALISIS SENTIMEN TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (Studi Kasus SAMSAT Kota Malang). Jurnal Informatika Polinema, 4(2), 149. https://doi.org/10.33795/jip.v4i2.164
Section
Articles