APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA BALAI KESEHATAN MASYARAKAT (BKM) MUSLIMAT KEPANJEN
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk merancang aplikasi CRM yang berfungsi untuk menyediakan informasi kepada pelanggan atau pasien BKM Muslimat. Semakin bertambahnya pelanggan atau pasien, maka perlu untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap pelanggan demi keberlangsungan bisnis di BKM Muslimat Kepanjen. BKM Muslimat Kepanjen berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan atau pasiennya dengan harapan untuk mendapatkan pelanggan atau pasien baru dan mempertahankan pelanggan atau pasien lama. Salah satu solusinya adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang diterapkan dalam bentuk web. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrogaman PHP dan MySQL untuk perancangan database. Aplikasi ini dilengkapi dengan kuesioner online. Kuesioner ini berguna untuk mensurvey kepuasan pelanggan atau pasien BKM Muslimat Kepanjen. Dengan penerapan metode Algoritme K-means Clustering, penelitian ini menghasilkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan BKM Muslimat. Dengan penerapan metode Algoritme K-means Clustering dihasilkan 3 cluster akhir pada setiap kategori, dengan kategori empati yang memiliki prosentase kepuasan terendah, yaitu pada kategori empati dengan cluster tidak puas sebesar 63,64 %. Dengan tingkat kepuasan pelanggan yang telah diketahui maka pihak BKM Muslimat dapat mengambil suatu kebijakan evaluasi pada bidang-bidang pelayanan yang prosentase tingkat kepuasan pelayanannya kurang.
Downloads
References
Adelia, dkk, (2011): Implementasi Customer
Relationship Management (CRM) pada
Sistem Reservasi Hotel berbasis Website
dan Dekstop, Jurnal Sistem Informasi,
Vol. 6, pp. 113-126.
Afrina, M., (2013): Rancang Bangun Electronic
Relationship Management (E-CRM)
sebagai Sistem Informasi Dalam
Peningkatan Layanan Perpustakaan
Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri,
Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 5, pp.
-644.
Budiaji, W., (2013): Skala Pengukuran dan Jumlah
Respon Skala Likert, Jurnal Ilmu Pertanian
dan Perikanan 2, pp. 2.
Dyantina, O., (2012): Penerapan Customer
Relationship Management (CRM) Berbasis
Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi
Pemasaran di Toko YEN-YEN), Jurnal
Sistem Informasi (JSI) 4, pp. 516-529.
Kaswidjanti, W., (2011): Aplikasi e-CRM Berbasis
Web pada Rumah Sakit, Telematika 8, pp.
-24.
Laudon, K. C., (2008): Sistem Informasi
Manajemen, Jakarta, Salemba Empat.
Prasetyo, E., (2012): Data Mining: Konsep dan
Aplikasi Menggunakan MATLAB,
Yogyakarta, Andi.
Sidik, B., (2012): Framework Codeigniter.
Cetakan: I, Bandung, Informatika.
Susanto, S., (2010), Pengantar Data Mining
Menggali Pengetahuan dari Bongkahan
Data, Yogyakarta, Andi.rd ed., New York,
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.