APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA BALAI KESEHATAN MASYARAKAT (BKM) MUSLIMAT KEPANJEN

  • Agustina Sulkanawatul Jurusan Teknologi Informasi Polinema Negeri Malang
  • Hendra Pradibta Jurusan Teknologi Informasi Polinema Negeri Malang
  • Indra Dharma Wijaya Jurusan Teknologi Informasi Polinema Negeri Malang

Abstract

Penelitian  ini betujuan  untuk  merancang  aplikasi  CRM  yang berfungsi  untuk  menyediakan  informasi kepada pelanggan atau pasien BKM Muslimat. Semakin bertambahnya pelanggan atau pasien, maka perlu untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap pelanggan demi keberlangsungan bisnis di BKM Muslimat Kepanjen. BKM Muslimat Kepanjen berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan atau pasiennya dengan  harapan  untuk  mendapatkan  pelanggan  atau  pasien  baru  dan  mempertahankan  pelanggan  atau  pasien lama. Salah satu solusinya adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang diterapkan dalam bentuk  web.  Aplikasi  ini  dibangun  menggunakan  bahasa  pemrogaman  PHP  dan  MySQL  untuk  perancangan database.  Aplikasi  ini  dilengkapi  dengan  kuesioner  online.  Kuesioner  ini  berguna  untuk  mensurvey  kepuasan pelanggan  atau  pasien  BKM  Muslimat  Kepanjen.  Dengan  penerapan  metode  Algoritme  K-means  Clustering, penelitian ini  menghasilkan tingkat  kepuasan pelanggan  terhadap kualitas pelayanan BKM Muslimat. Dengan penerapan  metode  Algoritme  K-means  Clustering  dihasilkan  3  cluster  akhir  pada  setiap  kategori,  dengan kategori empati yang memiliki prosentase kepuasan terendah, yaitu pada kategori empati dengan cluster tidak puas  sebesar  63,64  %.  Dengan  tingkat  kepuasan  pelanggan  yang  telah  diketahui  maka  pihak  BKM  Muslimat dapat  mengambil  suatu  kebijakan  evaluasi  pada  bidang-bidang  pelayanan  yang  prosentase  tingkat  kepuasan pelayanannya kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, dkk, (2011): Implementasi Customer

Relationship Management (CRM) pada

Sistem Reservasi Hotel berbasis Website

dan Dekstop, Jurnal Sistem Informasi,

Vol. 6, pp. 113-126.

Afrina, M., (2013): Rancang Bangun Electronic

Relationship Management (E-CRM)

sebagai Sistem Informasi Dalam

Peningkatan Layanan Perpustakaan

Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri,

Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 5, pp.

-644.

Budiaji, W., (2013): Skala Pengukuran dan Jumlah

Respon Skala Likert, Jurnal Ilmu Pertanian

dan Perikanan 2, pp. 2.

Dyantina, O., (2012): Penerapan Customer

Relationship Management (CRM) Berbasis

Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi

Pemasaran di Toko YEN-YEN), Jurnal

Sistem Informasi (JSI) 4, pp. 516-529.

Kaswidjanti, W., (2011): Aplikasi e-CRM Berbasis

Web pada Rumah Sakit, Telematika 8, pp.

-24.

Laudon, K. C., (2008): Sistem Informasi

Manajemen, Jakarta, Salemba Empat.

Prasetyo, E., (2012): Data Mining: Konsep dan

Aplikasi Menggunakan MATLAB,

Yogyakarta, Andi.

Sidik, B., (2012): Framework Codeigniter.

Cetakan: I, Bandung, Informatika.

Susanto, S., (2010), Pengantar Data Mining

Menggali Pengetahuan dari Bongkahan

Data, Yogyakarta, Andi.rd ed., New York,

How to Cite
Sulkanawatul, A., Pradibta, H., & Wijaya, I. D. (2017). APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA BALAI KESEHATAN MASYARAKAT (BKM) MUSLIMAT KEPANJEN. Jurnal Informatika Polinema, 3(2), 56. https://doi.org/10.33795/jip.v3i2.15
Section
Articles