SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR BIDIKMISI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS : POLITEKNIK NEGERI MALANG)

  • Dwi Puspitasari Politeknik Negeri Malang
  • Mustika Mentari Politeknik Negeri Malang
  • Fitrah Arif Gunawan Politeknik Negeri Malang

Abstract

Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi yaitu bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus waktu. Selama ini proses penyeleksian mahasiswa baru jalur bidikmisi di Politeknik Negeri Malang masih dilakukan secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel yang kemudian dilakukan proses sorting dengan satu persatu melihat persyaratan dan kriteria penilaian calon mahasiswa baru jalur bidikmisi, terdapat beberapa permasalahan dalam melakukan proses penyeleksian penentuan penerimaan mahasiswa baru bidikmisi, diantaranya membutuhkan ketelitian dan waktu yang sangat lama. Pada penelitian ini dibuat suatu sistem yang dapat membantu proses seleksi penentuan penerimaan mahasiswa baru jalur bidikmisi berdasarkan persyaratan dan kriteria yang telah ditentukan. Sistem ini menggunakan Metode Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), ada 5 tahapan dalam metode TOPSIS yaitu matriks keputusan normalisasi, matriks keputusan normalisasi terbobot, matriks solusi ideal positif (A+) dan solusi ideal negatif (A-), menentukan jarak antara nilai setiap alternatif dengan matriks solusi ideal positif (D+) dan matriks solusi ideal negatif (D-), menghitung nilai preferensi. Sistem Pendukung Keputusan ini telah diuji dengan membandingkan pengambilan keputusan dengan SPK dan No-SPK. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dari kedua proses dan hasil yang dilakukan secara bersamaan secara real time dapat menghasilkan peningkatan pengambilan keputusan dengan selisih waktu yang lebih cepat dengan menggunakan SPK.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
Puspitasari, D., Mentari, M., & Gunawan, F. A. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR BIDIKMISI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS : POLITEKNIK NEGERI MALANG). Jurnal Informatika Polinema, 4(1), 63. https://doi.org/10.33795/jip.v4i1.146
Section
Articles