SISTEM KENDALI PENGANGGURAN DAN INFORMASI LOWONGAN KERJA PADA DINAS KETENAGAKERJAAN KABUPATEN MALANG

  • Kadek Suarjuna Politeknik Negeri Malang
  • Muhammad Shulhan Khairy
  • As’ad Alfan Jauhari
Keywords: Desicion Support System, SAW

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hai ini berpengaruh terhadap kebutuhan sumber daya manusianya yang juga semakin meningkat. Akibatnya tingkat pengangguran saat ini semakin meningkat. Hampir sebagian besar perusahaan sekarang ini menggunakan sistem yang telah terkomputerisasi, yang otomatis menuntut seseorang untuk dapat menggunakan sistem tersebut dengan baik. Hal tersebut dapat mendorong terjadinya peningkatan kebutuhan seseorang untuk dengan cepat dan mudah mengajukan diri atau melamar ke suatu perusahaan atau instansi yang nantinya jika jumlah lamaran meningkat, perusahaan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memilah lamaran mana yang telah memenuhi persyaratan perusahaan, karena perusahaan pastinya membutuhkan sistem manajemen yang baik. Oleh karena itu Sistem pengambil keputusan dengan memanfaatkan metode SAW (Simple Additive Weighting) untuk menentukan nilai dari tes lamaran pekerjaan dan metode Fuzzy Logic. perankingan pelamar. Jika suatu perusahaan menerima calon pekerjaan lebih dari satu, sistem dapat merekomendasikan peringkat calon pekerjaan dengan memberikan rekomendasi sesuai dengan hasil nilai Tes Potensi Akademik (TPA) di kalangan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andono, P. N., & Sutojo, T. (2017). Pengolahan citra digital. Penerbit Andi.
Anwar, Saiful dan Kurdi, Moh. (2020). Penerapan Sistem Absensi Finger Print Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Displin Kerja Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 3 No 2
Asman, Muhammad., dan Darmalia, Novi. (2021). Pengaruh Penerapan Absensi Sidik Jari (Fingerprint) Dan Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Bungo. Jurnal Manajemen Sains Vol 1 No 1.
Efendi dkk, 2017, “Pengaruh Tingkat Upah, Kesejahteraan, Dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Angkasa Engineers Indonesia”, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi – Universitas Riau Kepulauan.
Hendrawan, A., Pramono, B. A., & Adhiwibowo, W. (2019). Penggunaan Model Hidden Markov Dan Metode Neural Network Sebagai Penerapan Teknologi Pengenalan Wajah. ScientiCO : Computer Science and Informatics Journal, 2(1). https://doi.org/10.22487/j26204118.2019.v2.i1.12173
Hertyana, 2016, “Pengaruh Sistem Absensi Fingerprint Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Deltacomsel Indonesia”, PT. Deltacomsel Indonesia
Hia, 2015, “Pengaruh Penerapan Absensi Sidik Jari (Finger Print), Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Hotmal Jaya Perkasa Cibitung”, Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Pelita Bangsa.
Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi - Books. In Deepublish.
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lamidi dkk, 2017, “Pengaruh Upah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderasi (Survey pada CV Aji Bali Jaya Wijaya Di Surakarta)”, program studi manajemen fakultas ekonomi universitas slamet riyadi surakarta.
Sumarsono, Sonny. (2004) .Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.Graha Ilmu
Supriyanto, Achmad Sani dan Vivin Maharani. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, kuseioner, dan analisis data. Cetakan II. Malang: UIN Maliki PRESS.
Uha, Ismail Nawawi. (2017). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Depok: Kencana Cetakan ke-3
Uno, B.Hamzah dan Nina Lamatenggo. (2014). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Widya Pratiwi, N., Andryana, S., & Gunaryati, A. (2018). Deteksi Wajah Menggunakan Hidden Markov Model (Hmm) Berbasis Matlab. In Jurnal String Vol. 3, Issue 1.
Zainal, 2014, “Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi,” Jakarta: PT Raja Grafindo
How to Cite
Suarjuna, K., Shulhan Khairy, M., & Alfan Jauhari, A. (2023). SISTEM KENDALI PENGANGGURAN DAN INFORMASI LOWONGAN KERJA PADA DINAS KETENAGAKERJAAN KABUPATEN MALANG. Jurnal Informatika Polinema, 9(3), 325-330. https://doi.org/10.33795/jip.v9i3.1278