PENGELOMPOKKAN KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBERLAJARAN DARING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEDOIDS

  • Akhmad Alfan Fauzi Universitas Islam Balitar, Blitar
  • Sri Lestanti
  • Zunita Wulansari

Abstract

MTs Darussalam Kademangan merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Kebiasaan siswa mulai berubah, tidak ada lagi bersosialisasi, bersenda gurau, berdiskusi, serta bekerja kelompok sesama siswa. Dengan adanya permasalahan tersebut, perlu dibuat kelompok – kelompok yang merupakan kualifikasi dari hasil evaluasi pembelajaran untuk memetakan hasil penilaian proses pembelajaran dengan menggunakan algoritma K-Medoids.      Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kepuasan siswa terhadap proses pembelajaran Daring di masa pandemi Covid-19. Sehingga metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Mendeskripsikan hal tersebut maka digunakan teknik survei. Teknik survei adalah suatu bentuk kegiatan yang sudah menjadi kelaziman bagi masyarakat ilmiah. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas 8 dan 9 MTS Darussalam Kademangan. Dan yang menjadi objek penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasan terhadap pembelajaran Daring sebagai aktivitas proses pembelajaran sekolah bagi siswa Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan: 1. Pengelompokkan kepuasan siswa dalam pembelajaran daring menggunakan algoritma K-Medoids menghasilkan 5 cluster. Cluster yang terbentuk antara lain: 10 anggota berada pada cluster 0 dengan kategori sangat puas, 7 anggota berada pada cluster 1 dengan kategori puas, 17 anggota berada pada cluster 2 dengan kategori cukup puas, 67 anggota berada pada cluster 3 dengan kategori tidak puas, dan 91 anggota berada pada cluster 4 dengan kategori cukup puas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, Y., & Muhammadiyah Selong, S. (n.d.). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakan STIA Muhammadiyah Selong.
Amman, dkk. (2021). Kualitas Pelayanan Institusi Pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol.9, No.2, 2021. Hal 189-194
Banowati, L., Revilia, D., & Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon, S. (n.d.-a). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile Jkn.
Buulolo, E. (2020, 1). DATA MINING UNTUK PERGURUAN TINGGI. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Gazali, M., Hirzi, R. H., & Pambayun, H. P. (n.d.). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa terhadap Fasilitas Sekolah menggunakan Importance Performance Analysis.
Harahap, F. (2021). TIN: Terapan Informatika Nusantara Perbandingan Algoritma K Means dan K Medoids Untuk Clustering Kelas Siswa Tunagrahita (Vol. 2, Issue 4).
Haroldio Apsan, M. W., Komarsyah Djuardi, D., & Paramita Djausal, G. (n.d.). Membangun Loyalitas Konsumen Pada Platform Jual Beli Online Melalui Kepuasan Konsumen Yang Dipengaruhi Oleh Persepsi Kemudahan (Studi Pada Konsumen yang Berbelanja Menggunakan Aplikasi Shopee).
Hidayatullah, Gusniwati, & Buhaerah. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII MTs Yasrib Batu-Batu Pada Masa Covid-19. Pi:Mathematics Education Journal.
Jayul, A., Irwanto, E., Pendidikan, P., Kesehatan, J., & Rekreasi, D. (n.d.). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262
Khaled, A. (n.d.). The Satisfaction Level Of Undergraduate Science Students Towards Using E-Learning And Virtual Classes In Exceptional Condition Covid-19 Crisis.
Pratmanto, D., Fatma Wati, F., Crisna, A., Nusa Mandiri Jakarta, S., & Bina Sarana Informatika, U. (2019a). Pengelompokan Siswa Penyandang Disabilitas Berdasarkan Tingkat Tunagrahita Menggunakan Algoritma K-Medoids. IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering. , 5(1), 134–142
Putri, C. O. Y. (2020, October 14). Pembelajaran Daring, Efektif Gak Sih Buat Mahasiswa? Egsaugm. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/10/14/pembelajaran-daring-efektif-gak-sih-buat-mahasiswa/
Regina, S., Sutinah, E., & Agustina, N. (2021). Clustering Kualitas Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Bahan Kimia Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(2), 573. https://doi.org/10.30865/mib.v5i2.2909
Ridho Al-Ghodban, M., Hastuti, K., & Kom, M. (n.d.). Implementation Of K-Means Algorithm To Measure The Level Of Student Satisfaction To Learning Process. www.dinus.ac.id
Syukron Nawawi, M., Gustian, D., Studi Sistem Informasi Jl Cibolang Kaler No, P., Cisaat, K., & Sukabumi, K. (n.d.). Algoritma K-Means Dalam Penentuan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Informatika, 2020.
How to Cite
Akhmad Alfan Fauzi, Lestanti, S., & Wulansari, Z. (2023). PENGELOMPOKKAN KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBERLAJARAN DARING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEDOIDS. Jurnal Informatika Polinema, 9(3), 307-314. https://doi.org/10.33795/jip.v9i3.1255