SISTEM INFORMASI PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA

  • Zeini Ikrawan Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Neneri Malang
  • Yuri Ariyanto Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Neneri Malang
  • Budi Harijanto Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Neneri Malang

Abstract

Pendidikan  merupakan  jasa  yang  berupa  proses  pembudayaan,  pengertian  ini  berimplikasi  adanya  input  dan  output. Inputnya   adalah  peserta  didik  atau  mahasiswa,  sarana,  prasarana  dan  lingkungan,  sedangkan  outputnya  adalah  jasa pelayanan pendidikan, lulusan dan alumni. Perkembangan dunia pendidikan tinggi sekarang ini semakin luar biasa, hal ini  ditandai  dengan  banyaknya  perguruan  tinggi  baru  yang  secara  otomatis  semakin  meningkatkan  persaingan  antar perguruan tinggi yang ada.Program Studi Manajemen Informatika merupakan salah satu program studi yang ada pada Politeknik  Negeri  Malang  yang  juga  ikut  berperan  dalam  perkembangan  dunia  pendidikan  di  kota  Malang.  Sebagai Program  Studi  yang   telah  menghasilkan  banyak  lulusan,  maka  perlu  diadakan   penelitian  untuk  melakukan  evaluasi tehadap berbagai aspek yang mempengaruhi kepuasan alumninya, hal ini dimaksudkan agar Program Studi mengetahui sampai sejauh mana kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada para mahasiswa dan untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan dan pembelajaran,maka digunakan Importance-Performance Analysis (John A. Martila and Jhon C. James,1977:  77-79)  atau  Analisa  Tingkat  Kepentingan  dan  Kinerja/Kepuasan  Pelanggan.  Namun  dalam  pengumpulan data penilaian tingkat kepentingan dan tingkat kinerja/kepuasan yang kurang efisien, dari hambatan tersebut perlu dibuat suatu  sistem secara  online  sehingga  memberi  kecepatan,  keakuratan  dan  efisiensi  waktu  dalam  proses  pengolahan data  dan  informasi.  Dalam  skripsi  ini  membahas  tentang  bagaimana  membuat  aplikasi  yang  bisa  mengukur  sampai sejauh  mana  kepuasan  alumni  terhadap  pelayanan  tersebut  dengan  menggunakan  metode Importance  Performance Analysis.  Setelah  aplikasi  diuji  coba  kepada  alumni  program  studi  manajemen  informatika  untuk  mengisi  atribut kuesioner tingkat kepentingan dan tingkat kinerja / kepuasan, sistem menghasilkan informasi persentase kepuasan alumni terhadap  atribut  kuesioner  yang  mempengaruhi  kepuasan  alumni,  informasi  rangking  atribut  kuesioner  dan  tingkat prioritas  perbaikan  atribut  kuesioner,  yang  nantinya  informasi  yang  dihasilkan  menjadi  bahan  pertimbangan  Program Studi  Manajemen  Informatika  dalam  memprioritaskan  perbaikan  pelayanan  yang  dirasa  kurang  memuaskan  oleh pelanggan dalam hal ini alumni.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis & Desain Sistem

Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori,

dan Aplikasi Bisnis, Edisi Ketiga.

Yogyakarta: Andi.

M. Shofiyuddin dan Amalia Ilmiani. 2012. Analisa

Tingkat Kepuasan Alumni Terhadap

Kualitas Pelayanan Fakultas Ekonomi

Universitas Pekalongan.

Patty. 2009. Sistem Informasi Kepuasan Pelanggan

Terhadap Tabungan Mutiara (studikasus:

PT. Bank Maluku).

Djaslim Saladin. 2003. Manajemen

Pemasaran.Bandung: Linda Karya.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty, Edisi Revisi.

Jakarta: Erlangga

Irawan, Handi. 2003. Prinsip-prinsip Kepuasan

Pelanggan. Jakarta: Penerbit Elek Media

Komputindo.

Published
2017-03-22
How to Cite
[1]
Z. Ikrawan, Y. Ariyanto, and B. Harijanto, “SISTEM INFORMASI PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA”, JIP, vol. 1, no. 4, p. 48, Mar. 2017.
Section
Articles