Perancangan Game Edukasi Bertema Pahlawan Indonesia Berbasis HTML5
Abstract
Tujuan dari pengembangan game edukasi bertema pahlawan nasional Indonesia untuk meningkatkan nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme di kalangan anak-anak, serta menambah pengetahuan tentang tokoh-tokoh pahlawan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GLDC). Pada metode GLDC sendiri terdapat 6 fase pengembangan, di antaranya fase initialization, fase pre-production, fase production, fase alpha testing, fase beta testing, dan fase release. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan di dapat nilai pada aspek functionality termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 100%, pada aspek reliability termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 100%, pada aspek compatibility termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 100%, pada aspek expert validity termasuk dalam kategori baik dengan skor 83% dan pada aspek playability termasuk dalam kategori cukup baik dengan skor 78%. Dan game ini dapat meningkatkan minat anak-anak khususnya di tingkat sekolah dasar untuk mengenal tokoh-tokoh pahlawan nasional Indonesia.
Downloads
References
Rahmatiya, I., & Zulfiati, H. M. (2020). Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme Dan Patriotisme Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri Singosaren Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8393
Ramadan, R., & Widyani, Y. (2013). Game development life cycle guidelines. 2013 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2013, 95–100. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2013.6761558
Sugiarto, H. (2022). Penerapan Metode Game Development Life Cycle Pada Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Budi Pekerti. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 6, 1–7. https://doi.org/10.35145/joisie.v6i1.1659
Vitianingsih, A. V. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.25139/inform.v1i1.220
Copyright (c) 2023 Faris Afif Adistya, Kurnia Paranita Kartika, Zunita Wulansari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright for articles published in this journal is retained by the authors, with first publication rights granted to the journal. By virtue of their appearance in this open access journal, articles are free to use after initial publication under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Creative Commons CC_BY_NC.